Wisata Kuliner Pasar Lama

Wisata kuliner di Tangerang terbilang banyak dan beragam. Salah satunya adalah pusat kulinet Pasar Lama yang terletak di jalan Kisamaun, Sukasari, Kecamatan Tangerang. Pasar ini sangat berbeda dengan pasar-pasar pada umumnya. Pasar ini terasa kental dengan suasana Pecinan, karena lokasinya tak jauh dari klenteng Boen Tek Bio. Jika mendekati hari raya Imlek, pasar lama ini akan terisi penuh oleh lampion-lampion cantik berwarna merah yang tergantung rapih  di sepanjang jalan di pasar lama.

Seperti yang saya katakan, pasar lama berbeda dari pasar-pasar lainnya. Pasar ini tak terasa hidup jika kita menengoknya di pagi dan siang hari, karena kita hanya akan menemukan pedagang yang mayoritas tidak menjajakan kuliner, yang buka hanya kios-kios yang menjual kebutuhan sehari-hari dan alat-alat elektronik.

Lain hal jika waktu telah menunjuk pukul 16.00 hingga larut malam, wujud pasar lama berubah menjadi tempat semarak yang penuh sesak dengan jajakan kulinernya. Walaupun di daerah pasar lama sudah banyak kafe-kafe yang menjajakan makanan dengan tampilan instragramable seperti Roti Bakar 88, Cafe Rute 15, NIBBLES dan banyak lainnya, tapi jajanan kuliner yang menggunakan gerobak dorong tak kalah menarik untuk di cicipi. Bukan hanya karena harganya yang murah, makanan di gerobak dorong memiliki cita rasa yang khas.

Wisata kuliner pasar lama ini mempunyai jajanan-jajanan khas yang menjadi landmark tersendiri, mari kita bahas satu persatu:

SATE AYAM H. ISHAK

Sate memang sudah sangat umum kita jumpai. Tapi itu sate yang umun, lain hal dengan sate  yang satu ini. Saya rasa wajib hukumnya jika mengunjungi pasar lama kamu harus mencicipi sate ayam H. Ishak, jajanan yang sudah menjadi lengendaris di pasar lama ini selalu ramai pengunjung. Apabila  datang di jam pulang kantor, maka jarang kita harus mengantri lama untuk mendapatkan satu porsi sate. Sate disini dipadu padankan dengan sambal kacang yang halus,  menjadikannya lebih nikmat karena racikannya yang memang sudah sangat melegenda.

BUBUR AYAM KO IYO

Kalau yang satu ini sudah jangan diragukan lagi, bubur ini sangat luar biasa lezatnya. Kalau kata alm.bapak Bondan, ini sih top markotop. Bubur ayam disugukan dengan cakwe hangat yang teksturnya sangat lembut, menambah kenikmatan saat menyantapnya. Saranku untuk jajanan kuliner yang satu ini, selalu datanglah lebih awal jika tak ingin mengantri dengan kondiri perut yang sudah kriak-kriuk.

ROTI CANE INDIA

Nah, kalau jajanan yang ini cocok banget buat kalian doyan ngemil. Umumnya kebanyakan orang biasanya memadukan roti dengan selai, disini berbeda, roti  dipadukan dengan kuah kari yang sangat kuat wangi rempah-rempah khas nusantara, kuah hari yang disuguhkan pun ada dua, ada kari ayam dan juga kari kambing, kalau kalian suka yang mana?

BUBUR KEPITING HOKIE

Dari namanya saja sudah bikin penasaran-kan, biasanya daging kepiting bisa dinikmati di restoran-restoran seafood, maka inilah alternatif nya.  Bubur Kepiting Hokie dipadupadankan dengan  irisan daging kepiting, uniknya bubur ini menggunakan kacang mete dan cakwe sebagai pelengkap bubur. Jika ke pasar lama, tak sulit mencari  bubur kepiting ini dijajakan, karena pedagangnya selalu menggantungkan kepiting di gerobaknya sebagai ikon.  dan menggelar lapaknya dipinggir jalan.

Itu dia bebarapa jajanan khas pasar lama yang bisa saya kasih infonya, memang masih banyak betul jajanan-jajanan di pasar lama yang bisa kalian jelajahi sendiri. Tapi tak ada salahnya jika kalian mampir ke pasar lama dan mencicipi beberapa kuliner yang saya sebutkan tadi.

Selamat berkuliner ria warga Tangerang, pasar lama selalu menunggu kalian dengan aroma kuliner yang siap memanjakan lidah kalian.

Komentar

Penyuka karya Dewi Lestari dan berhasrat ingin bertemu sang Supernova

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *