Waktu Membaca yang Asyik untuk Kalian Si Super Sibuk

Kesibukan barangkali adalah musuh besar dalam hidup kita semua. Rutinitas kerja yang seringkali menggerogoti waktu kita seharian. Bangun pagi buta, bercokol berjam-jam diruang kerja, pulang, lelah, tidur, kembali ke awal. Terus begitu. Rasanya sulit mengisi kegiatan lain di luar rutinitas.

Yang perlu diketahui bahwa tubuh dan pikiran butuh istirahat. Tak bisa terus-terusan dipaksa bekerja. Sebab, bila hal tersebut terjadi, stres akan selalu manghantui diri kita. Liburan barangkali bisa jadi pilihan, ke pantai, misalnya. Tapi, mungkin sulit terwujud sebab sebagian dari kita tak bisa meninggalkan pekerjaan begitu saja. Mungkin bisa. Tapi setelahnya harus dibayar dengan bekerja lebih berat. Itu tak menyenangkan.

Tapi kita bisa mensiasatinya, melakukan kegiatan-kegiatan kecil yang membuat kita bahagia. Semacam mencicil kebahagiaan. Misalnya, kita bisa lakukan  dengan membaca buku. Jika kalian suka komik, atau novel bacalah sesempatnya. Tak perlu memerlukan fisik ekstra, tapi imajinasi kita yang melalang buana. Semacam refreshing otak.

Nah masalah terbesarnya adalah, dengan kegiatan kalian yang super-super sibuk. Kalian perlu mensiasati waktu serta tempat kalian membaca. Inilah beberapa tempat dan waktu terbaik untuk kalian yang super sibuk.

Perjalanan Berangkat Kerja

Perjalanan berangkat kerja adalah salah satu momen yang bisa kalian isi dengan membaca buku. Untuk kalian yang memakai kendaraan umum, momen menunggu atau sedang di kereta, di busway, atau angkot sekalipun, adalah waktu yang tepat kalian gunakan untuk membaca. Ya, kita tak perlu memikirkan lagi soal macet dan hal-hal lainnya. Pikiran kita sedang bermain di cerita setiap buku yang kalian baca. Waktu perjalanan pun tak akan terasa. Setidaknya kita bisa membaca beberapa halaman atau bab di buku tersebut. Seperti merefresh otak sebelum akhirnya kembali bekerja.

Jam Makan Siang

Waktu yang biasa diberikan ketika jam makan siang kiranya cukup untuk kita isi dengan membaca. Biasanya beberapa tempat kerja memberikan waktu sekitar satu jam untuk para pekerja istirahat makan siang. Waktu tersebut tentu harus sebisa mungkin dimaksimalkan. Setelah makan dan ibadah, manfaatkanlah waktu yang tersisa untuk membaca. Lanjutkan bacaan yang ditunda saat di perjalanan berangkat tadi. Waktu sepuluh hingga lima belas menit tentunya cukup untuk menyelesaikan beberapa halaman.

 

Dikamar Mandi Saat BAB

Mungkin ini seperti terkesan aneh, atau bahkan beberapa dari kalian menganggap ini adalah sebuah opsi menjijikan. Tapi percayalah bahwa momen ini membuat tingkat konsentrasi kalian jadi berlipat. Ketenangan, serta rasa tak tergesa-gesa bersatu padu saling menopang konsentrasi. Kalian tak perlu membaca banyak halaman. Momen ini mungkin hanya bisa kalian gunakan untuk memahami dialog-dialog yang membingungkan, atau mengulang kembali bacaan yang dirasa menyenangkan.

Itulah beberapa opsi tempat dan waktu yang kalian bisa gunakan untuk kalian yang super sibuk. Sebisa mungkin kita perlu mensiasati waktu kita. Jangan sampai kita terkurung di rutinitas yang membosankan. Hal-hal yang membuat kita bahagia perlu dilakukan. Sebab, itulah yang membuat kita akan terus bersemangat menjalani hidup.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *