Wajah Baru Alun-Alun Kota Tangerang

Pohon rimbun, tanah merah yang basah, rumput nan hijau dan suara deru kendaraan menemani malam hariku. Sejenak berniat untuk melepas penat selepas kerja dengan mendatangi salah satu ikon Kota Tangerang  yang  tak pernah sepi dikunjungi yaitu alun-alun Kota Tangerang. Tempat yang terletak di Sukarasa Kota Tangerang ini lebih dikenal dengan sebutan ‘Ahmad Yani’

Area ini dulunya adalah milik Pemerintah Kabupaten Tangerang, namun pada 14 Oktober 2010 Pemerintah Kabupaten Tangerang resmi melepas Ahmad Yani kepada Pemerintah Kota Tangerang.

Alun-alun Kota Tangerang tak pernah luput dari sorotan antusiasme warga nya yang memandang area terbuka sangat strategis secara tempat. Makanya tempat ini selalu menjadi tempat yang ramai dikunjungi dari beragam kalangan dan latarbelakang, dari mulai kalangan anak kecil, remaja, sampai orang dewasa.

Tempat seluas kurang lebih 10.697 meter persegi ini memiliki beragam fasilitas memadai bagi yang ingin menghabiskan waktu di akhir pekan. Lewat beragam aktifitas seperti joging, panjat tebing, atau atau anak-anak sekolah yang melakukan latihan Paskibra, Pramuka, Marching Band. Adapun dalam hal mengasah bakat seringkali terlihat sedang ada yang sedang berlatih musik, tari dan drama. Guna nya berlatih di ruang terbuka dapat melatih kepercayaan diri untuk tampil di depan umum. Tak jarang alun-alun Kota Tangerang selalu menjadi spot tempat untuk acara atau event besar.

Tak kalah menarik, di malam hari dengan wajah baru Lapangan Ahmad Yani dibuatkan tugu bertuliskan ‘Alun-alun Kota Tangerang’ yang dihiasi gemerlapnya lampu membuat lapangan ini menjadi sorotan masyarakat. Tugu yang dibuat membentang cukup panjang, hal ini membuat Lapangan Ahmad Yani menjadi lebih keren dan ikonik. Keadaan di malam hari pun tidak kalah menarik seperti disaat pagi atau sore hari.

Belakangan ini pemerintah memang sedang giat-giat nya membangun Ruang terbuka untuk masyarakat Tangerang, wajah baru alun-alun kota Tangerang ini menjadi lebih hidup menandakan bahwa ikon Kota Tangerang ini bisa menjadi tempat persinggahan malam mu yang suntuk.

Ruang terbuka yang makin bertambah di wilayah Kota Tangerang tak membuat Alun-alun Kota Tangerang kehilangan tempat di hati masyarakat. Faktor utama Alun-alun Kota Tangerang tak pernah sepi karena memang aksesnya mudah di jangkau. Lokasi Lapangan Ahmad Yani juga berdekatan dengan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai Alun-alun Kota Tangerang.

Kini, Lapangan Ahmad Yani adalah kebanggaan warga Tangerang, yang harus terus dijaga dan dirawat sebagaimana mestinya. Setiap tempat pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan, Namun kelebihan yang ada pada Lapangan Ahmad Yani seakan menutupi kekurangan pada tempat ini.

Pemerintah dan masyarakat harus bisa bekerjasama untuk menjaga keberlangsungan ekosistem Ruang Terbuka milik publik, karena Lapangan Ahmad Yani akan terus berguna bagi generasi selanjutnya.

Jadi, sudah sepatutnya sebagai warga negara harus bisa menjaga dan merawat tempat yang sudah menjadi ikon Kota Tangerang ini. Semua harus turut andil menjaga lapangan Ahmad Yani. Lewat cara memupuk kesadaran diri terhadap lingkungan, menjaga untuk tetap bersih, tidak melakukan vandalisme dan pergunakan fasilitas yang sudah disediakan dengan baik. Karena dengan melakukan hal itu semua, kita sudah membantu merawat dan menjaga ekosistem di lingkungan Alun-alun Kota Tangerang. Untuk kalian yang belum melihat wajah baru Alun-alun Kota Tangerang segeralah datangi karena sungguh asik untuk menjadikan spot berswafoto.

Komentar
Nuryeti

Never stop learning, because life never stop teaching

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *