Taman Makam Pahlawan Taruna Dan Bukti-bukti Perjuangannya

Tangerang adalah salah satu tempat bersejarah di Indonesia. Hal ini bisa dilihat pada bukti sejarah yang ada di Tangerang. Salah satu buktinya adalah Taman Makam Pahlawan Taruna yang berada di Jl. Daan Mogot No. 1. Berlokasi tidak jauh dari Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

Di taman ini, terdapat makam perwira yang menjadi nama jalan yang terkenal di Tangerang, Daan Mogot. Ia menjadi salah satu pendiri Akademi Militer Tangerang yang gugur di usia muda.

Di Taman Makam Pahlawan Taruna terdapat 48 makam pahlawan. Diantaranya ada 3 makam perwira, 34 makam taruna Akademi Militer Tangerang dan 11 makam yang lain adalah makam para pejuang Tangerang.

Taman ini adalah tempat pemakaman ulang yang dibangun tahun 1967 oleh pemerintah Kabupaten Tangerang (saat itu Kota Tangerang belum terbentuk). Tempat ini dijadikan bukti perjuangan pemuda Tangerang dalam mempertahankan kemerdekaan.

Dinamakan Taman Makam Pahlawan Taruna karena sebagian besar makam di taman ini berisi para taruna dari Akademi Militer Tangerang yang gugur dalam Peristiwa Lengkong.

Menurut sejarah, Peristiwa Lengkong terjadi pada tanggal 25 Januari 1946. Saat itu, Belanda belum mengakui kemerdekaan Indonesia. Sementara pasukan Belanda sudah ada yang menduduki wilayah Parung dan hendak mengambil alih markas senjata Jepang di Lengkong, Serpong.

Mengetahui Belanda sudah mendekati Tangerang, Daan Mogot beserta pasukannya berniat melucuti senjata di sana atas perintah Mayor Daan Jahja.

Saat ada perundingan dengan pemimpin markas, Mayor Abe, tiba-tiba pertempuran terjadi di markas Lengkong. Tidak diketahui siapa yang memulai. Namun, salah satu penyebabnya adalah pihak Jepang tidak mau menyerahkan senjata begitu saja karena belum ada perintah dari atasannya.

Daan Mogot beserta pasukannya kalah. Dari 70 taruna, ada 33 taruna dan 3 perwira yang gugur dalam peristiwa itu. Taruna yang tidak gugur dipenjara dan dipaksa mengubur teman-temannya di sana.

Taman Makam Pahlawan Taruna bukan satu-satunya tempat untuk mengenang Peristiwa Lengkong. Ada bukti peninggalan rumah tua dengan monumen yang berdiri terletak di Lengkong Wetan, Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Selatan, untuk mengenang tragedi itu.

Sejak saat itu di setiap tanggal 25 Januari menjadi peringatan Peristiwa Lengkong. Biasanya diperingati oleh masyarakat di Taman Makam Pahlawan Taruna. Peringatan ini sebagai tanda jasa pahlawan dari Tangerang yang telah gugur di peristiwa itu.

Mungkin sebagian warga Tangerang tidak tahu persis Peristiwa Lengkong dan apa yang ada di dalamnya. Namun dengan adanya Taman Makam Pahlawan Taruna ini diharapkan perjuangan pemuda saat itu bisa terus dikenang. Setidaknya orang yang tahu Daan Mogot tidak hanya mengenal sebagai nama jalan saja. Namun dia pada kala itu turut dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui peristiwa bersejarah di Tangerang, Peristiwa Lengkong.

Komentar

Bergembira sebelum negara api menyerang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *