Taman Kunci yang Mengedukasi di Tangerang

Pemkot Tangerang berupaya memperbanyak fasilitas umum melalui program yang digalakkan oleh Dinas Budaya, Pariwisata dan Pertamanan dengan membuat berbagai taman tematik. Salah satu taman tematik yang hadir kini ada di Kota Tangerang adalah Taman Kunci.

Nanti dulu. Jangan bayangkan taman tersebut bakal tersebar banyak kunci atau gembok-gembok permohonan seperti yang ada di Jepang atau di tempat wisata lain. Taman Kunci bukanlah taman khusus yang terinspirasi dari kunci. Kunci sendiri adalah singkatan dari dari kupu-kupu dan kelinci.

Dari sekian banyak taman yang ada di Kota Tangerang, Taman Kunci merupakan salah satu destinasi wisata edukatif yang menarik. Berada di Jl. Thamrin Cikokol yang berseberangan dengan Taman Potret, tepat di sisi jalan taman ini.

Tempat ini memiliki luas mencapai 8000 m2. Dengan menawarkan suasana asri dengan pohon-pohon yang rindang dan beberapa tempat duduk untuk menemani bersantai Anda. Taman Kunci membuat suasana kota sedikit lebih hijau dengan ekosistem taman yang seperti itu.

Di Taman Kunci, pemeriksaan dan pengawasan dua hewan ini sangat ketat dan intens. Hal itu terlihat dari upaya pengurus taman yang memberi jarak kepada pengunjung agar tidak berinteraksi langsung. Pengunjung taman ini hanya bisa melihat-lihat dari luar kandang hewan-hewan tersebut.

Pengawasan memang perlu supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pada awal dibukanya Taman Kunci, pengunjung diperbolehkan untuk bermain bersama kelinci yang sengaja dibiarkan lepas liar di sekitar taman. Walaupun jauh terkesan lebih alami, namun tidak menjamin keamanan kelinci di taman.

Kesehatan kelinci diupayakan dengan pengecakan secara berkala, dalam 2 minggu sekali. Jadi kalau ada kelinci yang sakit, akan segera dipisahkan dan dikarantina hingga keadaan kelinci tersebut membaik.

Pemberian makan secara rutin menjadi komponen utama dalam perawatan kelinci seperti pelet kelinci, wortel, kangkung, rerumputan dan sayuran lainnya.

Kemudian selain kelinci, kita bisa melihat koleksi kupu-kupu yang berada di bangunan berbentuk dome, berdiri di tengah taman yang didesain secara unik dan menarik. Saat memasukinya, kesan pertama yang ditimbulkan adalah pesona dari taman tersebut. Terlihat sejauh mata memandang, bangunan itu dipenuhi beragam kupu-kupu dengan warna-warna yang indah.

Bagi masyarakat, taman ini bisa menjadi salah satu wisata lokal alternatif untuk mengisi liburan. Mereka tidak perlu bermodalkan uang banyak untuk berekreasi jauh. Taman Kunci ini bisa menjadi wisata fauna yang mengedukasi untuk anak-anak dan pelajar. Terutama bagi orangtua yang ingin membawa buah hatinya untuk belajar mengenalkan hewan. Disitu peran utamanya sangatlah penting untuk mengajarkan bahwa saling menyayangi dan saling memberi itu tentu tidak hanya antar sesama manusia, sesama makhluk hidup pun perlu.

Dengan terfasilitasi Taman Kunci, semoga masyarakat semakin peduli terhadap flora dan fauna yang sudah tersedia secara gratis tersebut. Karena siapa lagi yang akan peduli kalau bukan pengunjungnya sendiri.

Bagi Anda yang menyukai dua jenis hewan yang lucu dan indah ini, Taman Kunci cocok untuk destinasi wisata Anda di weekend atau sebagai pelepas penat dikala bekerja.

Komentar

Benci feodal namun juga bukan patriotik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *