Social Distancing? Saatnya Lebih Dekat Dengan Buku

Wabah Covid-19 yang melanda Indonesia tak kunjung usai, alih-alih negara menghimbau supaya masyarakat tetap berada di rumah demi mencegah terjadinya penyebaran virus, nyatanya malah membuat setiap warga menjadi bingung, terutama anak-anak muda yang bingung dengan cara apa lagi menghabiskan waktu dirumah. Biasanya setiap hari kita bisa pergi kemana saja tanpa beban, seperti nongkrong di cafe, shopping, kuliah dan banyak kegiatan lain yang tentunya bisa menghabiskan waktu bersama orang lain, namun kini terpaksa harus berdiam diri di rumah.

Selain itu pula sudah kurang lebih dua minggu social distancing diterapkan di Indonesia, gerak kian terbatas bagai burung dalam sangkar. Bosan rasanya terus-terusan di rumah sampai bingung mau rebahan gaya apa lagi.

Sebetulnya dalam rangka mewujudkan kebahagiaan ketika social distancing dan berdiam diri di rumah kita bisa manfaatkan dengan cara lebih dekat dengan buku bacaan. Mungkin sebelum dirumah aja kita tak punya banyak waktu membaca koleksi buku bacaan yang tertumpuk di rak buku.

Nah, di saat-saat seperti ini kalian justru punya banyak waktu untuk membaca buku. Manfaatkan momen dengan membaca buku untuk menambah pengetahuan atau sekedar baca novel dengan kisah romantis. Cara semacam ini bisa sebagai alternatif yang bagus dalam mengusir rasa bosan.

Terlebih bila kalian punya beberapa koleksi buku yang belum sempat dibaca, bisa jadi daya tarik untuk membaca bukunya. Atau bahkan mungkin sudah kehabisan stok buku bacaan, tenang, kalian masih bisa membeli buku kesukaan melalui online shop yang tersedia. Membaca buku tentunya jadi hal yang mengasyikan di saat-saat seperti ini.

Baca Juga : 4 Hal Yang Bisa Dilakukan Warga Indonesia Ketika Terjadi “Lockdown”

Untuk mengusir rasa bosan yang kian kronis, saya amat sarankan kalian boleh baca buku yang bisa membangkitkan semangat atau memotivasi diri. Seperti novel-novel dengan kisah kehidupan yang alurnya menarik, atau buku-buku yang berisi motivasi dan kata-kata mutiara yang bisa lebih memaknai hidup seutuhnya.

Membaca buku sejarah dan politik juga tidak ada salahnya, selama social distancing dan berdiam diri di rumah kita bisa tetap memperkaya ilmu pengetahuan. Ya, sesuka hati memilih buku mana yang sekiranya tepat untuk dibaca. Pilihan ada di tangan kalian, yang terpenting adalah tetap membaca buku sehingga mampu mendorong minat baca warga Indonesia yang masih terpaut jauh dari kata harapan.

Nah, supaya teratur dan menghindari rasa bosan saat membaca buku. Kalian bisa mengatur waktu untuk membaca buku. Kira-kira jam berapa waktu yang paling tepat untuk membaca buku. Kalau saya sendiri lebih suka di saat matahari beranjak tenggelam. Membaca buku, ditemani sang senja serta segelas kopi yang membuat keadaan kian syahdu.

Selain mengatur waktu, memilih buku bacaan yang tepat agar tidak cepat bosan adalah tips yang bisa kalian gunakan. Tentu saja buku-buku dengan alur cerita yang mengasyikan adalah rekomendasi paling tepat di saat keadaan seperti ini. Menikmati cerita yang disajikan buku atau bahkan bisa mencari secarik kalimat yang bisa kalian unggah di media sosial.

Maka mulai dari sekarang, sempatkanlah sedikit waktu untuk membaca buku. Entah sampai kapan virus pandemi ini berakhir  dan negara sudah tidak menerapkan social distancing, yang jelas sebagai warga negara yang baik kita harus bisa terus patuhi protocol yang ada dan mendukung upaya pemerintah dalam menekan penyebaran virus corona. Tetap di rumah sambil membaca buku jadi opsi yang paling tepat untuk dilakukan saat ini.

Sampai disini saya mau lanjutkan kembali membaca buku yang belum sempat ditamatkan. Selamat membaca dan menikmati buku demi buku, tetap di rumah dan jaga kesehatan!

Baca Juga : COVIDIOT: Istilah Untuk Orang Menyebalkan Di Saat Wabah Covid-19

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *