Sang Penyair Yang Menginspirasi Para Musisi Dalam Menulis Lirik Lagu

Beberapa hari yang lalu, saya mendapati kolom trending Youtube, dimana salah satunya ialah video wawancara Ariel Noah dengan Soleh Solihun pada channel 3Seconds. Dalam perbincangannya, Ariel menuturkan bahwa setiap ia menulis sebuah lirik selalu terinspirasi oleh sosok penyair terkemuka asal Lebanon yaitu Kahlil Gibran.

Kahlil Gibran memanglah kerap dikenal sebagai salah satu penyair yang sangat piawai dalam merangkai kata-kata. Hal tersebut merujuk pada setiap kata yang ia tuangkan selalu memiliki nilai atau filosofi tersendiri. Betapa kuat sekali memang pengaruh seorang Kahlil Gibran di dalam dunia kesusastraan. Tulisan-tulisanya mampu menyihir orang-orang yang membacanya. 

Setiap karyanya memang selalu menginspirari, tak terkecuali pula menginspirasi para musisi dalam menulis lirik lagu. Tentu saja, bukan tanpa alasan mereka bisa terinspirasi dari sosok penyair satu ini. Kahlil Gibran yang sosoknya sudah tak asing lagi di telinga kita nyatanya mampu memberikan sedikit sentuhan indah untuk para musisi berkelas. Sebut saja Ariel, Ahmad Dhani bahkan sampai The Beatles pun turut menggunakan sentuhan Kahlil Gibran dalam setiap musiknya.

Ini dia fakta dari beberapa musisi yang terinspirasi dari sosok Kahlil Gibran :  

  1. Ariel

Lagu-lagu yang diciptakan Ariel memang mengesankan. Dengan kata-kata sederhana namun mempunyai makna yang mendalam, sampai-sampai menggetarkan hati para pendengarnya. Setiap menulis lirik, Ariel terinspirasi gaya bahasa milik Kahlil Gibran. Apabila diterjemahkan lebih dalam, maka setiap lirik yang dibuat oleh Ariel terdapat banyak makna di dalamnya. 

Tentunya kalian mengetahui betapa kuatnya makna dari lagu Yang Terdalam dan Kota Mati yang ditulis oleh Ariel. Lirik yang dibuat tak jauh dari gaya bahasa Kahlil Gibran yang sangat fenomenal. Jika dapat ditelaah, makna yang ingin Ariel sampaikan dalam liriknya ialah mengenai kerendahan hati, ketabahan hati serta rasa pasrah dalam menatap dunia dan itu semua dibalut dengan rapih menggunakan gaya bahasa romantis Kahlil Gibran.

  1. Ahmad Dhani

Pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani pun terkenal akan setiap liriknya yang mempunyai makna. Salah satu contoh paling nyata ialah bagaimana lirik lagu Ahmad Dhani dipengaruhi oleh Kahlil Gibran yang dapat ditemukan di dalam lagu Elang dengan puisi Kahlil Gibran Bidadari Yang Mempesona dalam bukunya yang berjudul Buku Kematian Sebuah Bangsa:

Dalam puisi Bidadari Yang Mempesona Kahlil Gibran menuturkan “akankah engkau memiliki diriku tapi tidak menguasaiku, dengan mengambil tubuhku dan bukan hatiku? Inilah tanganku, genggamlah dengan keindahan. Inilah tubuhku, peluklah dengan tangan cintamu. Inilah bibirku, berkahilah dengan ciuman mendalam yang memabukkan”

Yang kemudian diubah sedemikian rupa oleh Ahmad Dhani dalam lagu Elang namun tetap memiliki makna yang serupa “ini tanganku, untuk kau genggam. Ini tubuhku, untuk kau peluk. Ini bibirku, untuk kau cium. Tapi tak bisa kau miliki”

Sudah bisa disimpulkan, bahwasanya memang kalimat romansa dari sang penyair begitu kuat, sampai-sampai kalian para pendengar musik Dewa 19 pun dibuat takjub oleh lirik tersebut yang terinspirasi oleh satu karya milik Kahlil Gibran.

  1. The Beatles

Band legendaris asal Livepool, Inggris. The Beatles juga turut mengadopsi salah satu karya Kahlil Gibran. Hal ini bisa ditemui di dalam lagu Julia. Disana, The Beatles mengutip salah satu bait dalam puisi Kahlil Gibran yang berjudul Sand and Foam.

Yang berbunyi: “Half of what I say is meaningless; but I say it so that the other half may reach you.”

Kalian akan bisa mendapatkan makna yang mendalam apabila mendengarkan lagu Julia ini. Dimana John Lennon berusaha memadukan keanggunan dari suatu lirik untuk bisa mengutarakan perasaan. Sungguh pas sekali apabila dibumbui oleh karya milik Kahlil Gibran.

Baca Juga : Perkara PSBB Tangerang dan Kewarasan Masyarakatnya

Sama seperti beberapa para musisi di atas, saya sendiri merupakan penikmat setiap karya Kahlil Gibran Itu dikarenakan kalimat-kalimat romansa yang dibuatnya selalu menggetarkan hati serta jiwa siapapun yang membacanya.

Sehingga yang terjadi ialah kita selalu ingin membaca lebih dalam makna yang terdapat pada kalimat-kalimat romansa milik Kahlil Gibran. Sampai disini, seharusnya kita telah menyadari betapa kuatnya arti dari puisi yang telah banyak dibuat oleh sang penyair, Kahlil Gibran.

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *