Review Buku Jika Kucing Lenyap Dari Dunia: Esensi Menikmati Kehidupan Itu Penting

Awal menjalani masa isolasi mandiri (Isoman) perhatian saya jelas tertuju pada bagaimana menjalaninya sebaik mungkin, dan sudah barang tentu menemukan cara bagaimana agar tidak bosan saat menjalani isoman. Perhatian saya tertuju pada kumpulan buku yang ada di rak buku saya, ada satu buku yang menyita perhatian saya yaitu buku terjemahan literatur asal Jepang berjudul Sekai kara neko ga kieta nara atau dalam bahasa Indonesia memiliki judul Jika Kucing Lenyap Dari Dunia karya Genki Kawamura.

Ternyata saya sempat menonton filmnya, walau belum sekalipun sebelumnya membaca bagaimana kisah dalam buku jika kucing lenyap dari dunia . Tentu, pengalaman menonton film yang diangkat dari sebuah buku tidak semuanya mendapat kesan terbaik. Sebab ada saja bagian cerita yang dipotong demi memenuhi kebutuhan durasi perfilman.

Garis besar kisah dalam buku ini bermula sejak kehadiran doppelganger (kembaran) dari sang tokoh utama yang diceritakan akan menemui ajalnya pada beberapa hari kedepan. Tentu alur cerita sejenis, sudah menjadi makanan sehari-hari pada beberapa literatur Jepang yang saya temukan. Lalu, apa yang menarik dari buku yang satu ini?

Persoalan kehidupan yang kompleks benar-benar dibahas tuntas disini. Bagaimana persoalan sang tokoh utama yang diberikan kesempatan menyambung hidup dengan syarat harus melenyapkan sesuatu dari dunia ini. Mau melenyapkan barang-barang penting, ataupun barang-barang yang tak berfaedah pun tetap masuk dalam hitungan.

Pada akhirnya kehidupan sang tokoh utama akan terasa berbeda semenjak ia melenyapkan beberapa barang seperti telepon, film, jam dan juga kucing.

Baca juga : Tentang Pungli Dan Hilangny Nurani di Masa Pandemi

Apa yang akan kalian rasakan apabila menghilangkan barang-barang tersebut dalam kehidupan kalian sehari-hari? Sudah pasti kehidupan akan jauh lebih berbeda daripada sebelumnya. Inilah beberapa hal penting yang dibahas dalam buku ini, dimana beberapa barang tersebut merupakan barang penting dalam kehidupan manusia saat ini.

Ada satu kalimat yang menjadi benang merah dari cerita ini, yaitu “Untuk memperoleh sesuatu, harus kehilangan sesuatu.” Halaman 18

Dimana dalam kehidupan nyata, kata-kata seperti ini memang sering diucapkan ketika sedang menyemangati seseorang untuk menjadi pribadi yang lebih produktif dan berusaha untuk menjadi lebih sukses lagi kedepannya.

Akan tetapi dalam novel ini, kata-kata itu merupakan esensi dari tawaran sang doppelganger kepada tokoh utama. Sehingga membuat tokoh utama dalam cerita ini kemudian akhirnya mengerti mengapa hidup ini berharga dan menyadari pentingnya menikmati hari-hari kehidupan kita di dunia.

Awalnya memang saya mengira bahwa fokus buku ini lebih mengarah antara kisah kucing dan manusia. Ternyata, kisah kucing dan manusia hanya disinggung sedikit di dalam buku ini. Dengan kata lain, judul buku kurang menggambarkan isi bukunya. Karena ada fokus lain yang ternyata lebih menonjol daripada kucing yang lenyap dari dunia.

Namun selebihnya, sangat baik. Baik itu terjemahan dari penerjemah yang dapat dimengerti. Serta alur cerita yang bisa membuat kita penasaran setiap bab yang menanti. Barang apa lagi selanjutnya yang akan dihilangkan oleh tokoh utama? Karena setiap menghilangkan barang tentu ada sisi kehidupan terkait barang tersebut yang dibahas dengan baik.

Pelajaran yang dapat diambil dari kisah ini ialah kita selaku pembaca dapat mengevaluasi kembali apa yang dimiliki dan apa yang mungkin akan dapatkan dari kehilangan yang dimiliki tersebut. Lalu setelahnya, kita akan melihat dunia dan orang-orang di sekitar dengan sedikit berbeda.

Arigatōgozaimashita!!!

Judul Asli: Sekai Kara Neko ga Kieta Nara (世界から猫が消えたなら)

Judul Terjemahan: Jika Kucing Lenyap Dari Dunia

Penulis: Genki Kawamura

Penerjamah: Ribeka Ota

Penerbit: Penerbit Baca

ISBN: 978-602-6486-43-1

Cetakan ke: III

Rating: 5 of 5

Baca juga : Masih Ragu Vaksin Karena Konspirasi?

Komentar
Dimas Wildani

You know my name, not my story

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *