https://www.kurungbuka.com/menyoal-literasi-di-desa/

Rekreasi Menambah Wawasan Dengan Berwisata Literasi

Sudah hampir setengah tahun, kita, terpaksa harus membatasi aktivitas akibat adanya pandemi Covid-19. Tak ada yang suka dengan situasi sekarang. Siapapun ia, sekuat apapun jiwanya, pasti akan merasakan rapuh jika tak bertemu dengan orang-orang terkasih atau melakukan hal-hal yang ia suka di dunia luar, dalam jangka waktu lama.

Semuanya, apapun itu, kini terpaksa harus kita terima melakukan segala aktifitas hanya dari rumah. Entah itu belajar, bekerja, atau aktivitas lainnya. Dan Internet mungkin adalah jembatan satu-satunya kita. Setidaknya, hanya itu juru selamat yang membuat kita tetap bisa berinteraksi dengan dunia luar tanpa ada kontak secara langsung.

WHO sempat memberikan peringatan bahwa pandemi ini akan mengakibatkan gangguan masalah mental. Bagi sebagian besar orang, yang terus-terusan berada di dalam rumah, itu merupakan masalah yang besar. Keterasingan jadi hal yang pasti dirasakan.

Namun kini, harapan untuk berinteraksi dengan dunia luar agak sedikit muncul lewat rencana ‘New Normal’. Kita bisa pergi ke ruang publik selama tetap mematuhi protokol kesehatan. Memang kita tak kembali seperti di masa-masa sebelumnya, tapi setidaknya ini jadi lebih baik.

Mengurung diri dalam jangka waktu lama di rumah memang membuat pikiran kita beku. Yang dibutuhkan kini adalah sebuah susana baru. Lebih tepatnya disebut sebagai rekreasi. Kita butuh berkunjung pada suatu tempat yang bisa membawa perasaaan jadi lebih baik. Mengobati keterasingan yang selama ini melanda.

Baca Juga : Pendidikan Jasmani Dan Kesunyian: Puisi Yang Menggugah Kenangan

Mungkin ada sebagian besar dari kalian yang sudah punya daftar tempat-tempat yang ingin dikunjungi. Silahkan wujudkan dan senangi diri kalian masing-masing. Tapi, untuk yang ingin punya nuansa rekreasi berbeda, cobalah rasakan berwisata literasi.

Pantai, pegunungan, perkebunan, caffe, atau apapun itu hanya akan memberi kesenangan saja. Dengan berwisata literasi maka kalian mendapatkan satu paket, yaitu rasa bahagia dan wawasan. Ada beberapa spot menarik yang bisa kalian kunjungi.

https://www.berdesa.com/hebatnya-perpustakaan-desa-pandan-wangi-juara-nasional-2014/

Perpustakaan

Perpustakaan, bisa jadi tempat menarik pertama dalam berwisata literasi. Ada banyak perpusatakaan yang kini menawarkan konsep menyenangkan. Jadi, jangan selalu berpikir bahwa perpustakaan hanya berisi ruangan sepi, buku, dan pustakawan cuek. Tak selamanya selalu begitu.

Berkunjunglah ke beberapa perpustakaan desa. Bertemulah dengan banyak anak-anak dan beberapa pegiat literasi di sana. Kalian bisa tahu beberapa kenyataan tentang minat baca lebih dekat dari mereka. Sembari menyeruput kopi hangat, perbincangan tentu akan lebih menyenangkan.

Museum

Kapan terakhir kali datang ke museum? Pasti sudah lama sekali, bukan?  Atau bisa jadi bahwa diantara kalian hanya datang ke museum ketika ada studi dari sekolah atau acara tempat kerja saja. Cobalah kini rencanakan lebih serius untuk berkunjung ke sebuah meseum.

Petakan lebih dulu, tentang sejarah apa yang ingin kalian gali. Dengan begitu, kalian jadi tahu museum mana yang harus dikunjungi. Apalagi kalau mengajak teman, maka kalian berdua mungkin akan terlibat dalam obrolan menyenangkan tentang hal-hal yang baru atau lazimnya jarang diketahui.

https://jateng.tribunnews.com/2019/12/24/khusus-hari-ini-toko-buku-gramedia-pandanaran-semarang-buka-sampai-pukul-1800-wib

Toko Buku

Spot berwisata literasi yang ketiga adalah toko buku. Kalau ada beberapa diantara kalian yang hanya menghabiskan waktu untuk membaca wattpad, e-book, blog, selama pandemi ini, maka obatilah kerinduan kalian pada kertas-kertas lewat kunjungan ke toko buku.

Temukan buku-buku baru yang selama ini kalian ingin baca dalam bentuk fisiknya. Atau, tak akan jadi masalah kalau kalian hanya berdiam seharian penuh di toko itu membaca buku display walau tak membelinya. Lagipula, layaknya masakan bahwa semua masakan yang sudah dimasak, haruslah dicicipi terlebih dahulu.

Ya, sama hal nya dengan berwisata literasi di toko buku, rasakan dulu sensasinya, bukan? Barulah setelah merasa betapa mengasyikkannya berdekatan dengan buku yang dibaca, lekas beli dan bawa pulang untuk dibaca sampai tamat.

Baca Juga :  Sudahkah Sistem Belajar Daring Efektif Atau Sebatas Sarana Alternatif?

Itulah beberapa tempat untuk bisa berwisata literasi yang mungkin bisa jadi pilihan kalian untuk sekedar rekreasi sejenak setelah pandemi panjang ini. Tapi, tetap bahwa kita harus tetap sadar untuk selalu mematuhi protokol yang ada. Senang boleh, tapi kita harus sadar untuk tetap melindungi diri. Agar kalian tetap aman dan mereka yang berada dekat dengan kalian pun bisa menyesuaikan diri untuk tetap jaga jarak.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *