Polisi yang menggerakan literasi

Cerita 3 Polisi yang Menggerakkan Literasi

Melindungi, melayani, dan mengayomi adalah slogan yang lumrah kita jumpai di berbagai kantor polisi. Slogan ini bukan cuma omong kosong, slogan ini terpatri di dalam diri anggota masing-masing polisi untuk menjadi pengaman di masyarakat.

Tapi kali ini, anggota polisi tidak hanya melakukan pengamanan bagi masyarakat. Ada beberapa polisi yang ingin memberi sumbangsih lebih pada masyarakat dengan menyediakan akses bacaan gratis kepada masyarakat. Tentu dengan sukarela. Siapa saja anggota polisi tersebut, mari kita bahas.

Aiptu Suddin

Menginjak masa pensiun bukan menjadi halangan bagi Aiptu Suddin untuk menebarkan virus membaca kepada anak-anak. Ia memanfaatkan teras rumahnya di Kelurahan Darma, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat untuk dijadikan lapak baca. Bermodal rak beserta buku, Ia berhasil menarik minat anak-anak untuk membaca buku setelah kegiatan sekolah usai.

Taman baca yang diberi nama “Taman Baja” ini memiliki beragam koleksi buku. Mulai dari pengetahuan, cerita dongeng, hingga komik. Awalnya, Ia menyisihkan sebagian gajinya untuk membeli buku-buku tersebut. Kini, sudah banyak orang yang mengirimkan donasi buku kepadanya, entah itu dari masyarakat sekitar maupun di luar pulau.

Dengan latar belakangnya sebagai polisi, Aiptu Suddin menilai tingginya angka kejahatan di daerahnya terjadi karena kurangnya minat baca sejak kecil. Hingga kemudian orang-orang dengan mudah terjerumus pada tindakan kriminal. Keriuhan anak-anak kala berebut buku menjadi energi tersendiri bagi Aiptu Suddin untuk terus meneruskan kegiatan Taman baja ini.

Brigadir Dikri Nur Hakim

Brigadir Dikri Nur Hakim, anggota Bhabinkantibmas Polsek Cireunghas, Resor Sukabumi Kota ini semakin dicintai oleh warga Kampung Cikaroya karena mendirikan taman baca yang bernama “Taman Baca Bambu Air”.

Berawal dari kunjungan rutinnya sebagai anggota Bhabinkantibmas, Brigadir Dikri yang  melihat tingginya minat baca anak-anak di sana memulai aktivitas literasinya dengan menyediakan perpustakaan keliling menggunakan motor dinasnya. Seiring berjalannya waktu, permintaan dari warga agar adanya taman baca mengetuk hati Brigadir Dikri bersama rekan-rekannya untuk merealisasikan keinginan warga tersebut.

Jarak tempuh 10 KM dari polsek Cireunghas ke taman baca tidak menyurutkan niat sang Brigadir untuk terus memberikan akses bacaan kepada anak-anak di sana. Umumnya buku yang tersedia adalah pengetahuan umum, cerita dongeng, dan ilmu agama. Berkat usahanya tersebut, beliau mendapatkan  penghargaan dari Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Aiptu Wahyudin

Wahyudin Seorang polisi dari kesatuan Bhabinkamtibmas, Polsek Cisoka Polres Kabupaten Tangerang, memodifikasi sepeda motor dinasnya dengan menambahkan rak buku untuk dijadikan menjadi perpustakaan keliling. Motor yang beri nama “Motor Bahagia Bhabinkamtibmas” ini menggunakan metode jemput bola dengan datang ke sekolah-sekolah dan warga untuk menubuhkan minat membaca.

Buku-buku yang tersedia di motornya antara lain bertema agama, pertanian, perikanan, juga buku cerita bergambar yang didapat dari pinjaman Perpustakaan Desa Cikande. Berhubung buku-buku di perpus itu sudah lama tidak terbaca dan tersimpan di dalam karung, maka Aiptu Wahyudin memanfaatkannya untuk dibaca masyarakat.

Maraknya kegiatan perpustakaan keliling yang digagas berbagai elemen masyarakat ini semakin membuat saya yakin akan tingginya minat baca masyarakat di Indonesia. Tentunya, bukan hanya 3 anggota polisi di atas yang melakukan aksi sosial semacam ini, masih ada banyak pegiat literasi lain yang melakukan hal serupa dengan caranya masing-masing.

Peran polisi dalam melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat tentunya perlu kita apresiasi dengan setinggi-tingginya. dengan memberikan bacaan yang berkualitas dan menjauhkan adik-adik kita dari tindakan kejahatan dengan terus menanamkan pengetahuan.

Komentar

Penyuka karya Dewi Lestari dan berhasrat ingin bertemu sang Supernova

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *