Perpustakaan Yang Wajib Kamu Kunjungi Di Wilayah Tangerang Raya

“Perpustakaan adalah tempat untuk memenuhi dahaga ilmu pengetahuan” – Gus Dur

Untuk mahasiswa tingkat akhir seperti saya ini tentunya tempat terbaik ialah sebuah perpustakan. Karena di perpustakaan, kita bisa mendapatkan beberapa referensi entah itu untuk sebuah tugas penelitian atau hanya sekadar membaca untuk memenuhi dahaga ilmu pengetahuan.

Namun dalam benak masyarakat saat ini, perpustakaan hanyalah sebuah tempat yang penuh kebosanan atau semacamnya. Saya rasa pola pikir seperti itu yang membuat literasi di Indonesia tidak dapat bertumbuh dengan baik. Dan seharusnya pola pikir seperti itu sudah semestinya untuk dirubah.

Untuk itu, kalian memanglah harus mengunjungi sebuah perpustakaan kemudian membaca untuk mendapatkan suatu hal baru yang tidak pernah kalian ketahui sebelumnya. Untuk kalian yang berdomisili di daerah Tangerang Raya, ternyata ada loh perpustakaan yang wajib banget untuk kamu kunjungi. Sehingga kalian tidak perlu repot-repot lagi ke Perpustakaan Nasional RI yang jauh itu.

Inilah daftar perpustakaan yang wajib banget kamu kunjungi di wilayah Tangerang Raya

Perpustakaan Kota Tangerang

Pemkot Tangerang terus berupaya untuk menumbuhkan budaya membaca masyarakatnya. Hal ini tercermin dengan mulai dibenahinya beberapa perpustakaan yang ada. Salah satunya yaitu perpustakaan Kota Tangerang. Perpustakaan ini sendiri terletak di kawasan pendidikan Cikokol atau lebih tepatnya berada di Jalan Perintis Kemerdekaan 2, Kelurahan Cikokol, Kota Tangerang.

perpustakaan

Perpustakaan ini juga pernah mendapatkan perdikat sebagai perpustakaan terbaik se-Provinsi Banten dan masuk peringkat ke 10 pada tingkat nasional. Karena memang referensi bacaan yang  disajikan sungguh lengkap. Kemudian juga perpustakaan ini memiliki fasilitas berupa wifi gratis yang siapa saja bisa menikmatinya.  Dan untuk jam operasional dari perpustakaan ini sendiri dibuka setiap hari Senin sampai Jum’at mulai pukul 08.00-15.00 WIB, sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 09.00-13.00 WIB. Nah, itulah yang membuat perpustakaan ini sangat-sangat wajib untuk kalian kunjungi.

Perpustakaan Kabupaten Tangerang

Perpustakaan ini juga wajib banget untuk kamu kunjungi. Mengapa? Karena memang perpustakaan ini memiliki berbagai macam referensi bacaan yang begitu lengkap yang dikategorikan dengan baik oleh pustakawan-nya. Serta juga ditunjang juga dengan pengelolaannya yang sangat baik. Dimana untuk anak-anak mereka dapat mendengarkan sebuah Story Telling selama kurang lebih 15 menit, kemudian juga mereka dapat menyaksikan film di biskop mini yang disediakan.

Tentunya segala akses yang diberikan akan sangat memudahkan pengunjung. Dan untuk kalian yang berdomisili di wilayah Kabupaten Tangerang, bisa banget berkunjung ke perpustakaan ini. Letaknya juga sangat strategis kok, berada tepat di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Tangerang. Dan untuk pengoperasiannya dibuka setiap hari. Yaitu di hari Senin sampai Jum’at pad pukul 08.00-15.00 WIB, sedangkan di hari Sabtu dan Minggu pada pukul 09.00-14.30 WIB.

Perpustakaan Kota Tangerang Selatan

Tidak jauh berbeda dengan perpustakaan milik pemerintah lainnya. Tentuya perpustakaan ini memiliki segudang referensi bacaan yang sangat-sangat lengkap serta fasilitas yang akan sangat membuat kalian betah untuk membaca. Fasilitas seperti ruangan ber-AC dan juga koneksi internet gratis sangat bisa kalian dapatkan jika berkunjung ke perpustakaan ini.

Untuk Kota Tangerang Selatan yang sekarang ini dikenal sebagai kota jasa yang begitu gemerlap. Tentunya sangat-sangat perlu mempunyai alternative tempat untuk sekedar merefreshingkan otak di kala penat bekerja. Dan berkunjung ke perpustakaan ini adalah jawabannya. Letak perpustakaan ini sendiri terbilang sangat mudah sekali untuk diakses oleh setiap pengunjung. Letaknya tepat berada di Jalan Raya Siliwangi No. 3 Pondok Benda, Pamulang. Kemudian, untuk juga jam operasionalnya juga dibuka mulai pukul 07.30-16.00 WIB.

Perpustakaan Baca Tangerang

Dan terakhir yang wajib banget kamu kunjungi ialah pastinya perpustakaan miliki komunitas kami, Komunitas Baca Tangerang. Karena di perpustakaan ini, kalian akan disuguhkan berbagai macam bacaan alternatif, mulai dari novel, komik, buku-buku sejarah hingga buku edukasi pun tersedia disini. Untuk itu, bagi kalian warga Tangerang yang belum mengetahui perpustakaan kami silahkan saja mencari tahu lebih mendalam di mesin pencarian Google ya. Setelah itu kalian berkunjung ke perpustakaan kami dan nikmati kenyamanan membaca di perpustkaan kami ini.

Setelah melewati masa renovasi, jelas perpustakaan kami akan membuat nyaman para pengunjung. Jadi persiapkan saja diri kalian untuk menyambut wajah baru perpustakaan Baca Tangerang ini. Kemudian untuk berkunjung jangan lupa membawa camilan ya, supaya aktivitas membaca kalian menjadi semakin syahdu~

Nah, itu dia beberapa perpustakaan yang wajib banget kamu kunjungi di wilayah Tangerang Raya. Jadi, sudah tahu kan sekarang? Alangkah baiknya sekarang ini kalian berkunjung ke sebuah perpustakaan untuk memenuhi dahaga ilmu pengetahuan kalian itu, seperti apa yang Gus Dur bilang diatas.

Baca juga: Menjadi Simpul, Menggerakan Asa: Membaca Simpul Hidup Aditia Purnomo

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *