sepakbola

MESSI: SI PEMAIN AJAIB DAN KISAH-KISAHNYA

Beberapa waktu lalu, saya ingin mencoba genre terbaru dalam hal membaca sebuah buku. Kebetulan sekali saya ini adalah seorang penikmat atau bahkan penggila olahraga sepakbola. Oleh karena itu, munculah sebuah ide untuk membaca genre mengenai otobiografi dari salah seorang pesepakbola.

Kemudian saya mencari-cari  sebuah buku bacaan yang seperti itu di perpustakaan Baca Tangerang. Yang saya dapati waktu itu adalah mengenai biografi Andrea Pirlo, Lionel Messi dan kisah dari klub FC Bayern Munich. Namun pilihan saya jatuh pada biografi Lionel Messi. Mengapa? Karena kebetulan saya sendiri adalah penggemar dari klub FC Barcelona.

Siapa masyarakat dunia saat ini yang tidak mengenal sosok megabintang FC Barcelona, Lionel Messi. Akan tetapi saya berkeinginan mendapati sebuah cerita bagaimana seorang Lionel Messi ini tumbuh, berkembang hingga sampai sekarang. Tentunya setiap orang hanya melihat di dalam lapangan saja tanpa mengetahui bagaimana persoalan yang dihadapi oleh Messi di luar lapangan.

Untuk itu, rasa penasaran saya pun tumbuh untuk mengetaui bagaimana pemain ini berkembang hingga menjadi sekarang. Buku dari Luca Caioli yang berjudul Messi:The Inside Story Of The Boy Who Became A Legend akan mampu menjawab rasa penasaran saya ini. Buku ini juga merupakan buku yang telah sukses meraih predikat International Bestseller.

Baiklah, saya akan mengulas apa saja pokok persoalan yang dibahas dari buku ini. Pertama ialah bagaimana seorang Messi menghadapi persoalan pelik semasa remaja mengenai penyakit langka yang ia alami. Penyakit ini sendiri yang membuat Messi muda dikucilkan oleh para teman sebayanya. Sungguh menyayat hati bagaimana kisah seorang legenda ini.

Kedua terletak pada perjalanan Messi yang berlabuh di akademi sepakbola milik FC Barcelona, La Masia. Disana bakatnya sudah terasah dan sudah diketahui oleh para pelatih tim junior Barcelona. Alhasil langkahnya untuk menembus tim utama FC Barcelona tercapai juga.

Debut yang dijalani Messi pada pertandingan melawan Espanyol sebagai pemain pengganti dari Deco Souza tentu saja akan diingat sebagai hari dimana legenda sepakbola dunia hadir. Tanggal 16 Oktober 2004 atau 16 tahun yang lalu adalah sejarah yang haruslah dicatat oleh dunia.

Ketiga mengenai bagaimana kisah Messi dalam meraih penghargaan prestisius sebagai seorang pesekbola. Penghargaan tesebut ialah Ballon D’or  yang merupakan persembahan bagi seorang pesekbola terbaik di seluruh dunia selama satu tahun penuh. Impian serta usaha yang terus Messi lakukan akhirnya membuahkan hasil yang positif.

Tentunya motivasi-motivasi yang Messi ajarkan secara tersirat di dalam buku ini adalah sebuah hal terbaik yang bisa kita lakukan dalam menjalankan aktivitas apapun.  Walau buku ini saya rasa terlalu banyak wawancara dari berbagai sumber seperti Teman, Lawan, kemudian juga jurnalis sehingga terkesan kurang menarik. Namun pada akhirnya terdapat bagian yang memang bersumber dari Messi sendiri. Bagian tersebutlah yang menjadi bagian favorit saya selama membaca buku ini.

Tentunya semangat juang, kegigihan serta keuletan yang Messi lakukan akan sangat bisa memotivasi para pemain muda. Terlebih lagi bisa memotivasi semua orang untuk terus berjuang dalam segala sisi kehidupan tanpa terkecuali.

Itulah sepenggal kisah dari seorang legenda sepakbola dunia, Lionel Andres Messi Cuccittini. Semoga apa yang ada dalam buku ini bermakna bagi kalian semua yang membaca artikel kali ini. Dan bagi kalian yang masih penasaran bagaimana isi buku ini, silahkan saja membaca agar rasa penasaran kalian terjawab.

Penulis : Luca Caioli

Penerjemah : Ari Diyanti

Penerbit : Im Publishing

Jumlah Halaman : 376

ISBN : 978-602-18047-0-4

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *