Mengenal Hamka Hamzah, Pendekar Baru Persita Tangerang

Bagi sebagian pecinta sepakbola tanah air pasti tau, atau mungkin pernah mendengar pemain yang bernama Hamka Hamzah. Ya, pemain sepak bola profesional kelahiran Makassar 29 januari 1984 ini mengawali 1 tahun karir sepak bola profesional di tanah kelahirannya. Malang melintang di dunia sepak bola, Hamka Hamzah tidak perlu lagi di ragukan kualitasnya. Sempat menjadi bek andalan Timnas Indonesia pada tahun 2004-2014 menghasilkan 31 caps bersama Timnas Indonesia.

Hamka Hamzah dikenal pemain yang sering berpindah-pindah klub sepakbola. Kurang lebih hampir 14 tim pernah ia bela. Dari PSM Makassar, Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Persija Jakarta, Persisam Samarinda, Persipura Jayapura, Mitra Kukar, PKNS, Pusamania Borneo, Sriwijaya FC hingga pada Liga 1 kemarin dia membela Arema FC selama 1,5 musim.

Secara torehan karir yang ia bawa bersama tim, Hamka Hamzah pernah membawa Persipura Jayapura menjuari ISL (Indonesia Super League) kasta tertinggi sepak bola indonesia pada tahun 2011. Ia juga pernah mengantarkan Tim Nasional Indonesia menjadi runner up di Piala Tiger pada tahun 2004 dan Piala Suzuki AFF pada tahun 2010.

Pemain yang identik dengan nomor punggung 23 ini punya gaya permainan yang sungguh memikat. Tidak hanya kokoh dalam menjaga pertahanan, pemain kelahiran Makassar ini sangat produktif menyumbangkan gol bagi klubnya. Dia pemain yang serba bisa, bahkan dia sempat dijadikan striker pada pekan ke-19 Gojek Liga 1 pada 2018 lalu, disaat membela Arema FC pada laga melawan Persija. Dan jarang ada pemain yang memiliki keahlian seperti Hamka.

Karena dinilai memilikii pengaruh yang cukup besar, kepribadian dan kepemimpinanya Hamka senantiasa ditunjuk sebagai kapten tim di tiap-tiap klub yang di belanya. Ia pun sempat menjadi kapten timnas. Jabatan kapten selalu melekat di lengannya hingga terakhir ia menjadi kapten Arema FC, klub yang terakhir ia bela.

Baca Juga: Peran Anak Dalam Kemajuan Literasi Dan Masa Depan

Berkat penampilan ciamiknya dalam menjaga pertahanan Arema FC, ia terpilih menjadi bek terbaik Indonesia Soccer Awards 2019 persembahan dari Indosiar, Bola.com, Liputan 6.com dan Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI). Dia berhasil mengungguli kandidat lainnya, yakni Andre Ribeiro (Persipura Jayapura), Wilian Pacheco (Bali United), Javlon Guseynov (Borneo FC), dan Wallace Costa (PSIS Semarang).

Dari nominasi bek terbaik yang ada, hanya Hamka Hamzah yang berasal dari Indonesia dan dia mampu mengungguli pemain asing lainnya. Namun masa-masa membela Arema FC pada tahun lalu, Hamka Hamzah seringkali melewatkan pertandingan-pertandingan penting dikarenakan cidera yang dialaminya. Dan tak jarang Arema FC harus kehilangan poin karna kroposnya pertahanan yang di tinggal kaptenya tersebut.

Pada tahun ini, Hamka Hamzah memilih untuk tidak melanjutkan karirnya di Arema FC. Bek berusia 35 tahun tersebut secara resmi meninggalkan Arema FC dan memilih Persita Tangerang sebagai pelabuhan berikutnya untuk mengarungi Liga 1 musim depan. Sebuah kejutan yang cukup menarik Arema FC melepas kapten sekaligus bek terbaik Liga 1 musim lalu begitu saja.

Bukan karna usianya yang tak lagi muda mengapa dia memilih Persita Tangerang sebagai klub barunya. Hamka adalah sosok yang selalu menyukai tantangan, ia sudah banyak sekali bergonta-ganti klub dan selalu memberikan penampilan terbaiknya. Ia memilih Persita Tangerang karena mempunya tujuan dan visi yang sama dengan klub tersebut. Klub yang baru saja promosi ke Liga 1 ini dinilai cocok bagi Hamka Hamzah dan dia ingin membantu Persita Tangerang berbicara banyak di Liga 1 musim depan.

Pendekar baru Persita Tangerang ini, diharapkan bisa cepat beradaptasi dengan pemain lainnya. Dan semoga Hamka juga bisa menunjukan ulang permainan terbaiknya bersama Persita Tangerang pada Liga 1 musim depan. Selamat berjuang Hamkah Hamzah, semoga bisa membantu Persita musim ini untuk mencapai target bersama, untuk bisa bertahan di Liga 1.

Baca Juga:  5 Pasar Buku Murah Untuk Para Pecinta Buku Di Jakarta

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *