Menemukan Cahaya Hati Dengan Mencari Rumi

Kisah cinta tidak selalu berhubungan antara pria dan wanita seperti pada kisah Romeo dan Juliet atau kisah Adam dan Hawa. Kisah cinta mengandung makna yang sangat luas seperti yang diceritakan pada buku ini. Buku ini bercerita tentang perjalanan spiritual untuk menemukan makna cinta yang sebenarnya.

Yunani sebagai latar belakang pada awal cerita lebih mengutamakan konsep ketuhanan untuk urusan cinta. Tidak ada yang boleh memiliki rasa cinta selain terhadap para tokoh suci yang ada. Tetapi Roger Housden memiliki pandangan yang berbeda tentang persoalan ini yang iya tulis melalui buku tersebut.

Ternyata, dalam memahami makna cinta sesungguhnya kita perlu melibatkan dua sisi baik secara raga dan batin. Inilah yang coba disampaikan oleh Roger Housden melalui novelnya “Mencari Rumi” yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh Jimmi Firdaus. Novel ini akan menjelaskan lebih dalam lagi mengenai makna cinta yang sesungguhnya.

Roger Housden merupakan penulis beberapa buku non-fiksi terkenal diantaranya Fire In The Heart (1990), Sacred America (1999), serta Ten Poems to Change Your Life (2001) dan beberapa judul buku tersebut termasuk yang terlaris. Ia sangat piawai dalam mengemas cerita.

Roger Housden sebagai penulis sangat pintar meramu tulisannya dan akan membuat kalian terbawa suasana dalam setiap halamannya. Dengan tebal buku yang berjumlah 160 halaman, Kalian akan disuguhkan sebuah perjalanan spiritual yang dilakukan seorang penganut Kristen Ortodoks yang bernama Georgiou.

Georgiou sebagai tokoh utama yang berkebangsaan Yunani telah menghabiskan waktunya selama ini dengan menjadi seorang pelukis tokoh-tokoh suci bersama ayahnya. Setiap goresan kuas yang dimainkan dalam melukis tokoh-tokoh suci selalu menimbulkan rasa cinta yang teramat dalam. Georgiou adalah filsuf muda yang sangat mengagumi sosok Perawan Maria.

Kecintaan atas perkerjaannya justru membuat Georgiou merasa resah atas kehidupan yang selama ini ia jalani. Sampai akhirnya Andros yang merupakan sahabat dekatnya memberikan buku yang berisi syair puisi dari salah satu penyair tersohor yaitu Jalaluddin Rumi dan merupakan penganut ajaran Islam. Syair Rumi membuat Georgiou merasakan sesuatu hal yang berbeda.

Georgiou seolah terbawa dalam arus syair tersebut yang membuat dirinya merasa lebih tenang. Tiap kata yang tertuang pada syair tersebut memiliki makna yang lebih dalam. Sampai pada ketika ada salah satu syair puisi Rumi yang membuat hati Georgiou terbuka dan harus bertemu dengan Rumi untuk menemukan apa yang dia cari.

Segenap zarah semesta

Berada dalam cinta kasih dan mencari para pencintanya.

Tangkai-tangkai jerami menggigil

Di hadapan cahaya kekuningan.

Sepenggal syair puisi tersebutlah yang membawa Georgiou pada petualangan spritualnya untuk mencari Rumi dan menemukan makna cinta yang sesungguhnya. Dalam hal ini kalian akan ikut terbawa dalam petualang spiritual yang dilakukan oleh Georgiou. Tiap bab yang disuguhkan oleh Roger Housden akan membuat kalian penasaran dan mendapatkan pengalaman baru.

Baca Juga: Tuhan Pun Berpuasa: Konsepsi Pemikiran Cak Nun Terhadap Makna Puasa

Dibeberapa bagian, Roger Housden tetap menyisipkan beberapa syair milik Rumi yang membuat kita ikut berfikir mengenai arti yang dimaksudkan. Dalam perjalannya Georgiou bertemu dengan banyak orang yang memberikan pengalaman spiritual baru dan pada akhirnya membawa ia kepada tujuan utama yaitu seorang penyair ternama Jalaluddin Rumi.

Pertemuannya dengan Jalaluddin Rumi membuat Georgiou merasakan kehidupan lain diluar dunia yang membuat rasa ketakutan muncul. Rasa itu juga yang memberikannya sebuah pengalaman baru dalam memaknai cinta sebenarnya. Setelah semua petualangan spiritual yang dilalui oleh Georgiou akhirnya dia pulang ketempat asal dengan membawa hati yang lebih tenang.

Pesan yang disampaikan oleh Roger Housden melalui novelnya tersebut membuat kita berfikir kembali tentang sebuah makna cinta yang sebenarnya. Membuat kita harus lebih menggunakan raga dan batin dalam mengambil keputusan. Karena dengan begitu bukan tidak mungkin kalian akan lebih tenang menghadapi sesuatu dan menemukan cahaya hati kalian.

Novel ini salah satu yang harus kalian baca agar ikut merasakan perjalanan spiritual dalam menemukan makna cinta yang sebenarnya. Dengan bahasa tulisan yang rapih dan mudah dipahami membuat novel ini layak untuk dibaca. Setiap bab-bab yang kalian baca akan membawa kalian terhanyut dalam cerita.

Komentar
Mochamad Anthony

Bakar Kalori dan Berbahagia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *