Manga Sebagai Solusi Alternatif Menggiatkan Minat Baca

Manga merupakan komik yang berasal dari Jepang dan penikmatnya hampir berada di peringkat teratas dari beberapa kalangan komik lainnya. Yang menakjubkannya lagi, banyak anak remaja di Indonesia sekarang ini masih gemar sekali membaca manga. Apalagi dari serialisasi majalah komik terkenal, seperti Shounen jump dan Shounen Magazine. Nah, kalau kalian yang pernah tau serial komik Naruto, Bleach, Death Note dan One Piece, itulah karya terpopuler yang sejauh ini masih banyak diikuti oleh pecinta manga.

Dalam website duniaku.net,  setidaknya dalam tiga tahun terakhir, komik One Piece menjadi manga terlaris dan berkuasa sendirian di puncak Shonen Jump,

Secara kebetulan pula salah satu penggemarnya ada di beberapa kalangan teman saya. Meski umur sudah terbilang dewasa namun kesukaan mereka tak bisa dibantahkan. Jika ada yang hanya sebatas menyukai dengan membaca, justru teman saya malah ada yang menyalurkan hobinya sebagai sebuah pekerjaan. Menjadi penyunting komik di sebuah situs manga online sekaligus penerjemah. Melalui kegemarannya itulah dapat menambah pundi-pundi rupiah di kantong dompet.

Berdasar pengalaman yang mereka kemukakan bahwa membaca manga dapat meningkatkan daya imajinasi yang hebat. karena sejauh mereka menyukai tentu akan menjadikan membaca pada sebuah kesenangan. Di sisi lain yang menariknya adalah banyaknya genre, sehingga para penikmat tidak akan tersendat lantaran kehabisan genre komik untuk dibaca.

Selain itu juga bisa menjembatani untuk lebih meningkatkan daya ingat, adanya ilustrasi gambar dan cerita yang runtut, menjadikan kita bermain imajinasi.

Umumnya pembaca juga lebih didominasi oleh kaum pria, akan tetapi di kalangan wanita tak kalah saing. Dari mereka banyak membaca komik garapan Webtoon, serial-serial penuh gambar dan drama.

Baik dari kalangan pria maupun wanita, tak heran kalau sejauh ini Komik Jepang ini sudah menjadi sarana dalam menyalurkan hobi membaca. Di jejaring media sosial macam Facebook, terdapat banyak komunitas-komunitas yang aktif mengikuti kegiatan berbau komik Jepang tersebut. Diantaranya dari mereka aktif menggelar berbagai macam pembahasan, seperti misal mengadakan diskusi seputar komik-komik, bercerita dan mengambil nilai penting dari komik yang sudah dibaca.

Alternatif lain yang sebetulnya masih serupa dengan manga, yaitu light novel. Bedanya dengan manga, light novel lebih banyak diisi dengan narasi, sehingga pembaca terlarut dalam tulisan dan menjadikan daya imajinasi penuh kembang.

Akan tetapi kalau menginginkan banyak membaca light novel haruslah siap-siap bersabar karena dalam waktu sekarang ini dalam edisi terbaru cukup jarang diterbitkan, lantaran dari sisi pengerjaan dan penggarapannya membutuhkan proses waktu yang cukup panjang dan lama. Dalam 1 serial volume nya saja di seri light novel di pdf dapat mengeluarkan sebanyak 400 lembar.

 

Jadi, selain membaca buku fisik, membaca manga terbukti memberikan banyak manfaat hingga akhirnya kita dapat terus menggalakkan minat membaca. Dan jangan lupa untuk terus mendukung karya-karya manga ciptaan anak-anak generasi bangsa yang lahir di berbagai macam genre manga.

 

Komentar

Benci feodal namun juga bukan patriotik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *