buku

Kota Dengan Data Peminjam Buku Terbanyak Di Dunia

“Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada menjelajahi perpustakaan”

-Walter Savage Landor-

Ya, ungkapan seperti itu sudah harus menjadi suatu hal yang terus-menerus kalian renungkan. Karena perpustakaan memang sangat menyenangkan. Disana kalian bisa dengan mudah mendapatkan segala informasi, ide-ide dan lain sebagainya. Inilah yang membuat perpustakaan memang sangat layak sekali kalian kunjungi.

Sangat disayangkan sekali apabila kalian tidak melihat sisi dimana perpustakaan ini sebenarnya menyenangkan. Kalian hanya melihat sisi dimana perpustakaan ini hanyalah sebuah tempat yang penuh kebosanan, inilah suatu persepsi yang salah besar. Maka dari itu literasi di Indonesia tidak bisa berkembang dengan semestinya.

Sudah semestinya kita mencontoh beberapa kota di dunia yang terkenal dengan budaya literasi terbaiknya. Dimana interaksi antara peminjam, fasilitas, serta pustakawannya terjalin dengan baik. Mereka dengan budaya literasi terbaiknya, bisa mendatangkan peminjam buku pertahunnya sangat-sangat banyak. Jadi, sangat layak kita contoh dan tiru.

Dan inilah beberapa kota di dunia yang terkenal dengan peminjam buku terbanyak:

Tokyo, Jepang

Negeri matahari terbit Jepang memang terkenal dengan sumber daya manusia terbaiknya. Terkhusus lagi kota Tokyo yang memiliki sumber daya manusia paling baik di antara kota-kota lain di Jepang. Dalam segi apapun Tokyo memang unggul, apalagi dalam budaya berliterasi. Setiap tahunnya, terdapat 111,9 juta buku dipinjam oleh penduduknya. Data inilah yang menjadikan Tokyo sebagai kota nomor satu di dunia yang paling banyak meminjam buku bacaan.

Tidak mengherankan memang, pasalnya perpustakaan-perpustakaan di kota Tokyo sudah menunjang beragam fasilitas yang bias memanjakan setiap pengunjung perpustakaan. Perpustakaan yang sering dikunjugi oleh para warga Tokyo ialah Tokyo Metropolitan Central Library, Akasaka Library dan Shinjuku-ward Okubo Library. Semua perpustakaan yang disebutkan tersebut adalah beberapa perpustakaan yang memiliki rataan peminjam buku terbanyak di Tokyo.

Shanghai, China

Kota Shanghai di negara Cina juga tidak kalah perihal perpustakaan-nya. Pasalnya, perpustakaan di Shanghai sudah dilengkapi berbagai fasilitas yang sangat menunjang siapapun yang berkunjung. Kemudian ditambah pula dengan rataan peminjam buku selama setahun juga menempati urutan kedua yaitu sebesar 86,2 juta buka dipinjam. Angka yang masih tergolong banyak bukan?

Salah satu perpustakaan terbesar yang ada di Shanghai ialah The Shanghai Library. Perpustakaan inilah yang menjadi salah satu kekuatan terbesar dari budaya berliterasi di negeri tirai bambu. Buku-buku yang disediakan beragam jenis dan juga sangat bisa kalian jadikan pokok acuan untuk literasi Indonesia.

Sangat berbeda bukan dengan kota-kota yang ada di Indonesia? Jadi, tingkat perbedaan berliterasi yang sudah bisa kalian bandingkan dimana rataan peminjam buku di Indonesia masih bisa dihitung dengan jari. Kemudian ada saja pembaca buku yang telah meminjam sebuah buku namun tidak tertib dalam pengembalian lagi. Tentunya sistem perpustakaan yang ada di Indonesia harus benar-benar dibenahi.

Kita harus mencontoh kota Tokyo dan Shanghai yang sudah sangat berkembang pesat dalam hal berliterasi. Jadi, sistem perputakaan bisa kalian manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Tentu saja perlu campur tangan dari berbagai pihak, baik itu dari pemerintah dan juga aktivitis-aktivitis literasi.

Saya dan kawan-kawan dari Komunitas Baca Tangerang juga sangat berharap hal yang terjadi di Tokyo dan juga Shanghai bisa diterapkan terhadap kota-kota yang ada di Indonesia. Terkhusus di Kota Tangerang.

Baca juga: Sudah Adilkah Semua Kalangan Mendapat Hak Untuk Membaca?

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *