e-book

Keunggulan E-Book Ketimbang Buku Fisik

Membaca adalah sebuah kegiatan bermanfat yang berguna untuk menambah wawasan, tentang hal apapun itu. Untuk melatih kebiasaan membaca, tak melulu dimulai dari buku. Kalian bisa mulai dari membaca potongan artikel, berita online, atau medium lainnya—tak juga harus yang berat, mulai saja dari membaca hal yang kalian sukai.

Zaman semakin berkembang. Teknologi yang makin canggih menyentuh segala aspek-aspek kehidupan. Dunia ilmu pengetahuan tak luput dari sentuhan itu. Bukan hanya segala informasi yang kini bisa di akses dengan mudah—teknologi, juga bisa menyulap ratusan lembar kertas berisi kata-kata, ‘memasukkannya’ kedalam layar elektronik. Mudahnya kita sebut sebagai e-book.

Dulu waktu masih kelas dua di Sekolah Dasar (SD), saya pernah membaca sebuah artikel di majalah anak-anak yang berisi bahwa e-book atau buku elektronik nantinya akan menjadi hal lazim. Saya yang masih berumur tujuh tahun saat itu tidak punya gambaran apapun tentang buku elektronik. Di artikel itu juga hanya ada ilustrasi seorang tokoh yakni sejenis bebek yang sedang tiduran dan memakai tumpukkan buku sebagai bantal. Di bawah gambar itu ada tulisan kecil yang isinya, “Kalau punya buku elektronik nanti nggak bisa dijadiin bantal kayak gini loh, ya..

Beberapa tahun kemudian setelah masuk universitas, Saya baru benar-benar mengenal buku elektronik. Terlebih ketika sedang menyusun kitab suci mahasiswa—alias skripsi—ada puluhan buku elektronik yang Saya unduh lewat gawai. Benar, Saya tidak bisa tiduran memakai tumpukkan buku sebagai bantal, bukan karena bentuk fisik bukunya yang tidak ada tapi memang Saya tidak punya waktu untuk tidur banyak selama menyusun skripsi.

Sebenarnya apa sih buku elektronik itu? Buku elektronik atau e-book adalah versi digital dari buku fisik. Biasanya buku fisik berbentuk kumpulan lembaran kertas yang bisa didapat di toko buku atau perpustakaan—buku elektronik adalah versi digital yang bisa diunduh. Banyak juga kini toko buku dan perpustakaan yang menyediakan link untuk mengunduh buku digitalnya.

Ada beberapa keunggulan buku elektronik yang bisa dirasakan dibandingkan buku fisik, beberapa di antaranya yaitu:

  1. Lebih ramah lingkungan

Buku digital lebih ramah dibandingkan buku fisik, itu benar. Sebabnya yakni buku digital tidak butuh kertas untuk mecetak halamannya. Seperti yang kita tau bahwa kertas didapat dari batang pohon yang ditebang. Dengan menggunakan e-book, kita bisa mengurangi penggunaan kertas sehingga makin sedikit pohon yang ditebang.

  1. Lebih murah

Ini merupakan alasan lain mengapa buku digital banyak disukai. Harganya lebih bersahabat di kantong sobat kere. Ini karena buku digital tidak ada biaya produksi untuk mencetak.

  1. Lebih praktis dan efisien

Tidak bisa dipungkiri bahwa buku fisik terkadang terasa berat untuk dibawa kemana-mana jika berisi halaman yang cukup banyak, apalagi kalau ukurannya memang besar. Sedangkan buku elektronik yang bisa anda unduh di gawai tidak akan membuat anda ribet dengan hal semacam itu.

  1. Tidak butuh ruang penyimpanan besar

Buku fisik tentunya membutuhkan tempat untuk di simpan, di lemari, rak buku, atau ditumpuk di meja. Apalagi jika buku fisik yang dimiliki memang ada banyak jumlahnya. Sedangkan buku elektronik tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang berarti karena hanya perlu di simpan pada memori penyimpanan di gawai.

Itulah beberapa kelebihan buku digital dibandingkan buku fisik. Apa yang disampaikan barusan adalah pandangan secara subjektif pribadi Saya. Ada juga sebetulnya kelebihan dari buku fisik yang tak dimiliki buku digital—contohnya seperti sensasi ketika membuka segel yang membungkus buku, membuka sampulnya, membolak-balik lembar halaman dengan tangan, memberi tanda di halaman tertentu ketika sudah saya baca, atau bahkan yang paling aneh mencium aroma lembaran kertas tersebut.

            Jadi menurut seleramu, kamu lebih suka buku fisik atau buku digital?

 

Baca Juga: Mendorong Kemampuan Literasi Siswa Lewat Kantin Baca

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *