Kegiatan Literasi di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan, bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam dan diyakini sebagai bulan yang paling mulia. Salah satu yang menjadikannya istimewa adalah karena kitab suci Al-Qur’an diturunkan di bulan ini.

Kitab yang menjadi panutan umat Islam ini menganjurkan kita untuk membaca dan mempelajari ilmu pengetahuan. Ayat pertama yang diturunkan yaitu iqra atau bacalah menjadi bukti betapa pentingnya membaca untuk kita.

Boleh dibilang bulan Ramadhan ini adalah bulan literasi. Selain karena di bulan ini adalah bulan diturunkannya Al-quran, ada banyak kegiatan yang di bulan Ramadhan ini yang bersangkutan dengan literasi.

  1. Ngaji

Membaca Al-Quran di bulan ini sering dilakukan oleh sebagian besar umat Islam. Ada yang menargetkan khatam atau selesai membaca Al-Quran dalam sebulan atau one day one juzz. Tak hanya itu, mengaji kitab-kitab fiqih atau akhlak juga menjadi menu untuk menghabiskan waktu menjadi lebih bermanfaat. Tujuannya, di bulan suci ini umat Islam bisa melatih rohani mereka untuk bisa lebih dekat dengan Tuhan.

  1. Ibadah Puisi

Ibadah Puisi seperti halnya buku Joko Pinurbo adalah plesetan dari ibadah puasa. Sebenarnya puisi bisa bernilai ibadah atas dasar tidur juga bernilai ibadah. Toh, puisi juga tidak melenceng dari nilai-nilai agama. Ibadah puisi ini bisa kita praktekkan dengan mencipta puisi, membaca atau mendengarkannya.

  1. Berbuka Puisi

Berbuka puasa sambil membaca atau mendengarkan puisi menjadi enak dan bermanfaat. Apalagi kegiatan ini dilakukan dengan banyak orang dan sama-sama menyukai puisi. Terlebih, kegiatan ini semakin asik jika ditampilkan di tempat terbuka sambil sesekali dibawakan dengan musik yang merdu. Selain melatih mental si pembaca puisi, hal ini menjadi sebuah wahana ekspresi.

Baca Juga:  3 Novel Karya Dewi Lestari Yang Difilmkan

  1. Ngabubu Read

Duduk santai lesehan sambil ngobrol akrab tentang pengalaman membaca bisa menjadi konsep acara Ngabubu Read. Berdiskusi tentang banyak hal, mulai dari buku, cara menumbuhkan minat baca hingga bertukar pengalaman tentang gerakan literasi. Perlu digarisbawahi membaca tidak hanya sekadar mengisi waktu luang, tapi juga menginspirasi dan membangun motivasi diri.

Bulan Ramadhan adalah momentum kita untuk meningkatkan literasi. Dengan dasar ayat suci Al-Quran di atas seharusnya kita sebagai umat Islam yang taat bisa gemar membaca. Boleh dibilang bulan ini adalah bulan literasi, karena pada 17 Mei adalah peringatan hari buku nasional.

Di bulan Ramadhan ini umat Islam bersuka cita karena setiap perilaku baik mereka dinilai ibadah dan mendapatkan pahala. Contoh kecilnya tidur. Kita bisa mendapatkan pahala ketika tidur di bulan puasa ini.

Di sisi lain, di bulan yang penuh berkah ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Ibadah di sini bukan hanya yang berhubungan individu dengan Tuhan semata melainkan juga berperilaku baik dengan sesama. Walaupun sedang berpuasa kita tetap dianjurkan bekerja, sekolah dan lain-lain. Asalkan itu baik, akana ada nilai ibadahnya. Bahkan menurut para ustadz-ustadz, tidur di bulan Ramadhan ini pun bernilai ibadah.

Baca Juga: Masjid Raya Al- A’zhom

Komentar

Bergembira sebelum negara api menyerang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *