IPusnas: Solusi Mudah Meminjam Buku Digital

Belakangan ini saya dipusingkan dengan kebutuhan referensi untuk bahan tugas akhir saya. Hampir setiap perpustakaan daerah dan kota saya datangi demi mencari buku-buku yang saya butuhkan. Itu pun harus dibagi dengan waktu saya untuk kegiatan lain seperti bekerja. Jadilah, saya harus pintar-pintar mencari waktu luang untuk mendatangi perpustakaan yang operasionalnya tidak sampai 24 jam.

Hingga kemudian saya berteru seorang teman yang memberi solusi bagi permasalahan ini. Kira-kira ketika bertemu seminggu lalu, saya bercerita tentang persoalan ini, dan Ia memberi satu solusi yang berguna buat saya. Hanya dengan satu aplikasi rekomendasinya, saya kira meminjam dan mencari buku tak lagi menjadi persoalan yang begitu memusingkan.

Aplikasi yang Ia rekomendasikan untuk saya unduh adalah IPusnas, sebuah platform peminjaman buku digital yang dibuat oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Sebenarnya aplikasi ini sudah diluncukan sejak 16 Agustus 2016. Hanya saja, karena saya orangnya kurang bergaul dengan hal seperti ini, jadilah ketinggalan informasi ini membuat saya kerepotan dalam mencari referensi. Padahal, setelah tahu keberadaan IPusnas, menurut saya aplikasi ini adalah surge bagi para pecinta buku.

Melalui aplikasi ini, kita bisa meminjam buku dimanapun dan kapanpun. Tidak perlu mencari waktu luang untuk mengunjungi perpustakaannya. Tinggal daftar, mencari buku yang diinginkan, lihat ketersediaan, kemudian klik sana dan klik sini, kita sudah bisa meminjam buku yang diinginkan.

Kalian yang berasal dari berbagai daerah tidak perlu risau lagi jika ingin meminjam buku di Perpustakaan Nasional. Dengan aplikasi ini, kalian bisa mengakses buku digital milik Perpusnas dari mana saja. Oh ya, untuk mendaftar kalian nggak perlu kok pakai foto KTP atau kartu pelajar. Cukup mendaftar lewat alamat surat elektronik atau akun media sosial Facebook, kita sudah bisa masuk ke platform ini.

Selain bisa meminjam berbagai koleksi e-book, IPusnas juga memiliki berbagai macam fitur. Misalnya, kita dapat memberikan ulasan buku yang telah kita baca. Tidak hanya itu, seperti platform media sosial, kita juga bisa mengikuti orang-orang yang terdaftar di aplikasi ini serta bisa memberikan rekomendasi buku pada mereka.

Jika kalian ingin meminjam buku, hanya perlu menekan klik pada tulisan pinjam. Tunggulah sampai buku selesai terunduh. Perlu di ingat, jika ingin meminjam harus melihat juga jumlah Salinan yang tersedia. Jika tidak ada, berarti buku terpinjam semua. Buku yang dipinjam bisa dibaca saat daring (online) maupun laring (offline). Terkait peminjaman, IPusnas memberi jangka peminjaman dalam waktu seminggu atau tujuh hari. Jika waktu peminjaman sudah habis, secara otomatis e-book tersebut tidak akan bisa dibaca. Jika ingin membacanya, harus meminjam ulang. Jadi, segera selesaikan bacaanmu sebelum waktu peminjamannya habis.

Menurut saya, ada banyak hal positif dari keberadaan IPusnas. Selain bisa membantu saya menyelesaikan tugas akhir sambil duduk-duduk manis di kamar, aplikasi ini juga memberikan bahan bacaan lain kepada saya.  Ada banyak jenis buku yang tersedia, seperti novel, buku anak, buku pelajaran, buku motivasi, buku masak, dan lain sebagainya. Pada kategori e-pustaka, kalian dapat menemukan berbagai macam informasi yang termuat di aplikasi ini seperti I-Donasi atau E-Katalog. Di dalamnya kalian dapat melihat buku-buku apa saja yang mereka koleksi.

IPusnas membagi para pembaca menjadi tiga level, yaitu Newbie, Bookworm, dan Socializer. Karena saya baru mengunduhnya, saya mendapat status Newbie. Jika ingin naik level terdapat syarat dan ketentuannya. Misalkan dari Newbie ingin ke Bookworm, profil harus dilengkapi, membaca buku minimal 5 buah, memposting minimal 5 komentar pada buku yang selesai dibaca, serta mengunduh minimal 10 buku. Kalian berminat? Silakan dicoba.

Setiap kelebihan pasti ada kekurangan, kekurangan pada IPusnas hanya saja koleksi jumlah salinannya tebatas, padahal jumlah e-book yang dimiliki ialah ribuan. Mungkin karena usianya masih belia, semuanya masih dalam tahap proses. Saat saya mencari novel yang ingin dibaca, saya tidak menemukannya sehingga saya mencari novel lainnya. Tetapi tetap saja, IPusnas ini memberikan kemudahan bagi kita semua.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *