Cara Mengatasi Masalah “Reading Slump” Yang Kerap Melanda Pembaca

Diantara sekian banyaknya persoalan membaca yang sering dialami, tak lain salah satunya adalah Reading Slump. Istilah ini lahir di kalangan pengguna media sosial dan aplikasi yang berkaitan dengan buku. Secara definisi, istilah yang sangat mengerikan ini dapat diartikan bahwa pembaca tidak dapat fokus membaca buku, dan pikiran entah kemana, sehingga membuat kegiatan membaca tidak lagi dianggap menyenangkan dan menggairahkan.

Dalam buku yang diterbitkan oleh Leadership Educational mengatakan bahwa jangan tunggu sampai anak berusia 4 tahun dan persoalan kemerosotan minat baca terjadi. Ya, di banyak negara persoalan Reading Slump ini sering dialami oleh siswa dasar, dan mereka dorong dengan banyak menerbitkan publikasi ilmiah yang menunjukan cara mengatasinya di tingkat kanak-kanak.

Tetapi, di negeri kita faktanya belum sampai ke tahap membedah persoalan tersebut. Karena memang masalah ini cukup terbilang dasar. Alhasil banyak para pembaca di kita merasakan hal ini di fase remaja hingga dewasa.

Rasa menurunnya minat membaca tersebut bisa saja muncul dari beberapa sebab. Yang pertama, terjadi ketika si pembaca menimbun banyak sekali buku bacaan, sehingga merasa tertekan dan seolah-olah bingung memilih buku mana yang lebih dulu harus dituntaskan.

Kedua, bisa saja terjadi karena merasa tidak ada bahan bacaan yang menarik untuk dibaca. Hal ini bisa terjadi lantaran pembaca salah dalam membeli genre buku, atau tidak terlibat dengan apdet perkembangan buku-buku terbaik yang sedang digandrungi oleh para pembaca. Pada akhirnya menyebabkan hilang gairah membaca.

Nah, masalah Reading Slump ini jika kita tidak segera atasi mungkin akan berdampak terhadap cara berliterasi masyakarat Indonesia. Sebab, dari proses membaca buku saja kita masih kesulitan. Tidak ingin rasanya melulu di cap sebagai negara dengan tingkat literasi yang rendah, bukan? Sungguh tidak mengenakkan sekali. Sudah seharusnya kita menunjukkan kepada dunia bahwa masyarakat Indonesia memiliki semangat dalam menebarkan virus berliterasi lewat cara mengatasi problem tersebut.

Nah, untuk dapat mengatasi persoalan itu, tentunya kalian bisa menerapkan beberapa tips dibawah ini. Cekidoooot

http://crespo-widl.at/taiwan/books/

Memilih Buku Yang Sedang Best Seller di Pasaran

Sebagian pembaca mungkin pernah mengalami menurunnya gairah membaca akibat salah dalam memilih bahan bacaan. Tidak usah takut, hal ini pun sering saya alami. Sehingga untuk mengatasinya yaitu dengan cara memilih buku yang sedang best seller di pasaran.

Tidak bisa dipungkiri, bahwa buku yang berkategori laku di pasaran biasanya merupakan buku yang memiliki alur cerita menarik dan selalu jadi rekomendasi tepat untuk para pembaca. Sehingga dapat memulihkan minat baca.

Baca Juga : Laki-Laki Yang Tak Berhenti Menangis: Membaca Kesejukan Kisah-Kisah Cak Rusdi

https://www.comunicaffe.com/quotes-coffee-pause-reading-book-case/

Membaca Beberapa Komik

Kebanyakan buku bacaan saat ini hanya terdiri dari teks tulisan saja, yang bisa sewaktu-waktu membuat pembaca merasa jenuh. akhirnya engga meneruskan bacaannya. Untuk dapat menumbuhkan gairah dalam membaca, saya sarankan membaca beberapa komik saat mengalami Reading Slump.

Itu karena komik terdiri dari gambar-gambar imajinatif yang bisa menumbuhkan mood kalian kembali. Membaca komik pun tidak dituntut harus punya usaha lebih untuk memahaminya. Karena secara garis besar sudah tersampaikan melalui gambar yang ada.

https://www.comunicaffe.com/quotes-coffee-pause-reading-book-case/

Memberi Jeda Waktu Saat Sedang Membaca

Dalam mengatasi permasalahan Reading Slump yang kerap mengganggu disaat membaca, kalian pun harus memberi jeda waktu ketika sedang membaca. Misalnya, kalian membatasi diri membaca per 3 jam sehari.

Dalam jeda waktu tersebut, kalian bisa melakukan aktifitas lain agar kegiatan membaca menjadi tidak menjenuhkan, dan kalian bisa mendapatkan mood kembali. Ingat, persoalan mengatur waktu ini perlu ada konsistensi dari diri kalian sendiri. Dan ada juga lho, jam-jam terbaik yang bisa kalian jadikan waktu untuk membaca. Siapa tau kalian cocok dengan jam-jam tersebut.

https://mybookcave.com/19-ways-to-beat-your-reading-slump/

Mencari Suasana Baru

Suasana ketika sedang membaca, bagi sebagian orang sudah pasti punya pengaruh besar, terutama pada membangkitkan gairah membaca. Apabila suasana yang didapat terkesan monoton atau itu-itu saja, misal jika sebelumnya kalian membaca buku di dalam kamar atau di dalam rumah, mungkin nanti tidak ada salahnya mencoba baca buku di suasana yang baru, di ruang terbuka seperti di taman, atau café yang suasananya lebih santai. Sebab suasana baru membuat kalian merasa nyaman sehingga gairah membaca akan timbul kembali.

Masalah Reading Slump ini sebetulnya dapat dengan mudah kalian atasi. Tergantung bagaimana kalian menempatkan diri pada buku bacaan. Sehingga dengan mengatasi masalah ini, segala bahan bacaan apapun yang kalian baca jadi lebih bermakna dan mampu menambah wawasan baru untuk kalian.

Baca Juga : New Normal Gerakan Literasi

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *