Cantiknya Sunset Situ Cipondoh

Di Situ Cipondoh siapa saja bisa datang dan pergi, sengaja mampir atau diniatkan untuk berwisata air. Boleh datang bersama teman hidup, sodara, bahkan selingkuhan untuk berkencan, asal jangan sampai ketahuan.

Situ Cipondoh terletak di Jalan Kyai Haji Hasyim Ashari, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang. Apabila ingin mendatangi tempat itu dari Jakarta Selatan, Anda bisa lewat Jalan HOS Cokroaminoto, di kawasan Ciledug. Jika dari Jakarta Barat, lewat Jalan Raden Saleh, Karang Tengah.

Situ Cipondoh sudah ada sejak pemerintah kolonial Belanda, pada masa itu mereka  membangun Situ Cipondoh untuk menyimpan air saat musim kemarau, serta mengairi sawah yang ada di sekitar danau. Sayangnya sekarang sudah tidak banyak sawah di daerah  tersebut. Tetapi  hingga kini Situ Cipondoh masih memiliki fungsi sebagai tandon bagi masyarakat setempat saat musim kemarau tiba.

Selain itu, warga perumahan Cipondoh dan Batuceper merasa tertolong dengan adanya situ ini yang berfungsi sebagai pengendali banjir. Situ dengan kedalaman 4 meter ini mampu menampung debit air lebih dari empat juta meter kubik.

Udara Situ Cipondoh terasa sejuk, karena masih banyak pohon rindang yang berdiri kukuh di sekitaran danau. Sore hari adalah waktu yang pas untuk datang ke Situ Cipondoh. Yang menariknya, Situ Cipondoh terbilang indah dan memukau bagi para penggila sunset. Diwaktu ini kalian akan menemukan sunset cantik versi lain dari pantai. Bedanya tidak ada desir dan deburan ombak yang terdengar, hanya ada semilir angin yang dapat dirasa, serta suasana yang menghadirkan ketenangan di tengah hiruk-pikuk keramaian jalan.

Suasana makin indah terasa jika menikmati sunset di Situ Cipondoh ditemani secangkir kopi susu serta camilan, apalagi jika menikmati sunset di Situ Cipondoh diiringi petikan gitar dari sang pacar, sungguh  perpaduan yang pas, pas untuk memupuk iri bagi kami, saya dan kawan-kawan yang sedang mencari ketenangan di situ ini.

Tenang saja jika tidak suka kopi, disini banyak penjual yang menawarkan bermacam minuman, jus jeruk, es teh manis, jus alpukat, teh manis hangat,  es teh tawar dan es buah segar, siap menemani sore-mu. Tinggal pilih saja mana yang ingin jadi teman bersantaimu, asal jangan lupa dibayar minumannya.

Selain minuman, di dekat Situ Cipondoh tersedia bermacam-macam penjual makanan yang sudah tidak asing lagi, seperti bakso, soto ayam, siomay, mie ayam, bahkan cilok, tahu gejrot dan ketoprak pun tak ketinggalan hadir disana. Jangan khawatir soal harga, pastinya ga bikin kantong jebol.

Kalian juga bisa datang untuk berwisata air, bermodal 5 ribu rupiah untuk tiket masuk satu orang, 10 ribu/orang untuk naik perahu dan 25 ribu untuk harga sewa sepeda air (bebek-bebekan).

Banyak dari orangtua bersama buah hatinya sangat senang menaiki bebek-bebekan, mereka berlomba-lomba dengan mengayuhnya menuju tengah danau. Setelah sampai ditengah, mereka bisa puas menikmati dan mengelilingi danau. Lalu bisa dilanjutkan, tersedia rekreasi taman bermain anak di sebelah timur Situ Cipondoh. Ada prosotan, kereta api mini dan ayunan.

Versi lain yang dapat dilakukan untuk  menikmati sore di Situ Cipondoh ialah memancing ikan. Layak dicoba nih buat kalian yang  hobi mancing.

Tapi tetap bagi saya sisi menarik dari Situ Cipondoh adalah menghabiskan waktu dengan obrolan ringan bersama kawan, menyaksikan matahari tenggelam kembali ke peraduannya. Semua itu membawa suatu ketenangan bagi saya,  walaupun sekarang ini belum memiliki pendamping hati, namun saya mengakui, Situ Cipondoh  cocok untuk pasangan muda-mudi sebagai destinasi kencan yang ingin beromantis disana.

Komentar

Engga suka digigit nyamuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *