Buku Favorit Najwa Shihab

Mba Najwa, sapaan akrab Najwa Shihab, pranatacara yang banyak disukai dari berbagai kalangan karena acara yang disajikannya selalu menarik. . Apalagi saat Ia mewancarai tokoh-tokoh politik. Pertanyaan-pertanyaan yang cerdik nan menyudutkan selalu ditunggu. Tak ayal, banyak tokoh politik yang terlihat malu karenanya.

Selain kesibukkannya di  dunia broadcasting, Mba Najwa masih bersedia untuk menjadi Duta Baca Indonesia periode 2016-2020. Ia berperan untuk menumbuhkan sikap gemar membaca buku terutama bagi anak-anak Indonesia.

Penunjukkan Mba Najwa sebagai Duta Baca bukan tanpa alasan. Ia adalah sosok yang sangat gemar membaca. Hal ini diakuinya ketika mewawancarai Maudy Ayunda di youtube. Karena kegemarannya inilah Ia tidak pernah takut menghadapi ujian sekolah. Bahkan, Ia sangat senang ketika ujian sekolah tiba. Berbeda jauh dengan murid-murid seperti biasanya.

“Saya percaya cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca. Cuma satu buku. Cari buku itu. Mari jatuh cinta.”

Sekiranya itulah pesan singkat atau bisa dibilang tips dari Mba Najwa agar kita gemar membaca. Singkat, padat, tapi memang begitulah adanya.

Apa buku favorit Mba Najwa?

Ketika ditanya buku  apa yang disukai, Mba Najwa suka buku-buku yang bertema detektif baik itu buku yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Namun ada tiga buku favorit Mba Najwa dari penulis-penulis Indonesia.

Bumi Manusia

Melansir  dari idntimes.com Mba Najwa suka sama buku karya Pramoedya Ananta Toer  loh. Buku ini menjadi salah satu buku legendaris karena membawa kisah awal kebangkitan bangsa. Walaupun novel ini berbau sejarah namun kemasan cerita disajikan begitu menarik. Tak ayal banyak meyakini bahwa apa yang dikisahkan oleh Pram dalam novelnya  benar terjadi keberadaannya. Novel Bumi Manusia dicetak pertama kali pada tahun 1980. Walaupun sempat dilarang keberadaannya pada masa orde baru, dari generasi ke generasi masih banyak yang menyukai.

Cantik Itu Luka

Novel karya Eka Kurniawan ini menjadi daftar novel favorit Mba Najwa. Novel yang menyinggung sejarah tahun 60-an ini memang bagus. Buktinya Eka Kurniawan sudah menerima banyak penghargaan dari novel ini. Di sisi lain, novel ini sudah diterjemahkan ke beberapa bahasa dan dikonsumsi oleh masyarakat dunia.

 Selamat Menunaikan Ibadah Puisi

Buku kumpulan puisi karya Joko Pinurbo ini menjadi salah satu buku favorit Mba Najwa. Sebenarnya bukan hanya buku ini, melainkan semua buku Joko Pinurbo yang menjadi sastrawan favorit Mba Najwa. Hal tersebut diakuinya  pada Channel Youtube Perpustakaan Kemenkeu.

Mba Najwa mengakui bahwa dalam sehari ia tidak mematok berapa buku yang harus dikhatamkan. Tapi Ia selalu menyempatkan diri untuk membaca. Dalam sehari bukunya pun tidak hanya satu jenis saja yang dibaca. Misalkan di pagi hari, Mba Najwa memilih buku-buku yang bertema serius seperti buku-buku politik. Ketika siang membaca buku yang berbeda. Menjelang tidur, Ia mengakui bahwa Ia lebih menyukai buku-buku sastra yang cenderung lebih santai.

Tak hanya membaca, Mba Najwa juga gemar menulis. Buku Catatan Najwa menjadi buktinya. Buku hasil dari catatan untuk pembuka dan penutup di acara Mata Najwa ini sangat laris dan diminati. Karena buku tersebut membahas isu-isu politik dan sering menyentil pejabat-pejabat publik.

Terakhir, Mba Najwa Shihab sangat pas menjadi Duta Baca Indonesia. Kegemarannya membaca buku dan menulis menjadi nilai plus. Selain itu, ia menjadi tokoh yang sering muncul di layar kaca televisi dan menjadi public figure anak muda yang peduli dengan permasalahan negeri.

 

 

 

Komentar

Bergembira sebelum negara api menyerang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *