Belajar Bersama Di Komunitas Biola Tangerang

Mendengar kata biola, sebagian masyarakat akan beranggapan bahwa alat musik tersebut cenderung susah, mewah dan hanya orang memiliki bakat lahir di bidang musik yang dapat memainkannya. Sebenarnya tidak. Lalu bagaimana bisa untuk dapat memahirkan bermain biola? Kita tengok saja ke Komunitas Biola Tangerang, yang dimana mayoritas orang nya pemula namun terus-terusan mengasah keinginannya.

Namanya KBT bila disingkat (Komunitas Biola Tangerang). Komunitas biola Tangerang ini berdiri pada tanggal 2 Maret 2013.  Komunitas ini terbentuk, berkat inisiasi seorang perempuan yang punya talenta bermain biola bersama sekaligus ingin berkonsen terhadap keberlangsungan para pemain biola.

Berawal dari postingan salah satu founder-nya yang bernama Yuni. Ia mengirim disebuah forum biola Indonesia pada akun facebooknya, menanyakan tentang pemain biola di daerah Tangerang dan berniat untuk latihan bersama-sama. Kemudian berlanjut ke kopi darat. Mulanya, ada sekitar tujuh orang yang berkumpul pada saat itu, yang nantinya akan menjadi founder komunitas biola Tangerang.

Seiring latihan rutin bersama, tercetuslah ide ingin membentuk sebuah komunitas. “Karena dipikir-pikir kalo ngumpul-ngumpul doang terus main biola bareng kan ga asik. Lebih asik lagi kalo ngajarin orang supaya bisa memainkan biola” kata Hansen salah satu anggota KBT.

Dahulu, komunitas biola ini memiliki ketua bernama Prapto lalu bergilir ke Hansen dan sekarang sudah tidak ada lagi ketua-ketua. Jadi kalau ada apa-apa dibicarakan bareng-bareng tanpa ada yang diketuai supaya lebih efektif.

Tujuan dibentuknya komunitas biola Tangerang ini, selain untuk mengajarkan bermain biola kepada pemula, mereka juga ingin mengubah mindset orang-orang terhadap alat musik biola yang eksklusif, yang hanya dapat dimainkan oleh kaum tertentu saja. Padahal alat musik biola itu dapat dimainkan oleh siapapun dan di mana saja, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Komunitas biola Tangerang sering berkumpul di alun-alun Kota Tangerang pada hari sabtu jam 15.00 WIB sampai dengan waktu magrib, dan pada hari Minggu jam 11.00 WIB. Selain alun-alun, mereka juga sering mengadakan latihan yang bertempat di Pasar Laris Taman Cibodas, setiap hari Kamis malam. Lagu-lagu yang sering dimainkan bersama ialah lagu daerah dan nasional, karena ingin mengenalkan musik-musik Indonesia kepada anak-anak.

Saat ini anggota komunitas biola Tangerang yang tadinya hanya tujuh orang sekarang menjadi 15 sampai 20 orang. Kebanyakan dari mereka adalah yang masih pemula dalam bermain biola. Mereka bersama-sama saling belajar, saling mengingatkan guna hasil yang lebih baik.

Setiap anggotanya berasal dari daerah yang berbeda-beda dan memiliki kesibukkan masing-masing yang tidak berpatok kepada komunitas saja. Ada yang sibuk kuliah, ada yang bekerja, ada yang freelance dan lain-lain. Komunitas biola Tangerang juga pernah bermain disalah satu acara seperti pernikahan, tampil di mal-mal dan sebagainya. Kalian bisa mengundang mereka untuk mengisi acara BTlovers.

Respon masyarakat pun terhadap komunitas biola Tangerang ini sangat beragam, namun tetap positif. Banyak yang menyukai penampilan mereka, karena jarang sekali permainan alat musik biola dimainkan secara bersama-sama di tempat umum. Saat sedang ada kegiatan lari di alun-alun, banyak yang melihat kegiatan mereka terutama anak-anak. Mereka sangat tertarik dengan hal-hal baru yang baru dilihatnya. Permainan biola sangatlah menarik, alunan suara membuat terpana yang mendengarkannya.

Walaupun dari kalian bukan anggota Komunitas Biola Tangerang tetapi bisa bermain biola, komunitas biola Tangerang selalu membuka pintu selebar-lebarnya bagi kawan-kawan yang ingin jamming bersama. Selain menambah teman, dan juga menambah ilmu dalam permainan biola. Bermain biola itu susah-susah mudah,  namun apapun yang dilakukan dan ditekuni dengan serius hasilnya kelak tidak akan mengecewakan.

Harapan untuk ke depannya, semoga komunitas biola Tangerang ini terus berkembang, terus bermain mengasah kemampuannya, semakin sukses dan juga semoga pemerintah menengok kepada para komunitas-komunitas yang memberikan aura positif kepada masyarakatnya.

Kalian tertarik jamming bareng? Yuk ketemuan.

 

 

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *