Beberapa Tipe Pengunjung di Toko Buku

Pandemik ini memang brengsek, kedatangannya membuat dunia berubah. Kebiasaan juga berubah. Lebih tepatnya dipaksa berubah. Yang awalnya orang-orang bebas pergi ke mana saja dan kapan saja, kini semuanya harus bisa menetap di rumah saja.

Dipaksa berdiam diri di rumah dalam jangka waktu yang lama tentunya membuat kamu banyak kehilangan momen bukan? Rindu menjejakan kaki di banyak tempat di luar sana, bercengkrama dengan teman atau bahkan melihat langit di atas kendaraan.

Kebiasaan berbelanja juga berubah. Resiko kesehatan yang besar karena membeli barang di luar membuat kamu dianjurkan untuk berbelanja secara online kalau bisa. Dari mulai beli pakaian sampai sayuran. Termasuk membeli buku.

Kalau awalnya kamu bisa dengan bebas mendatangi toko buku, memilah, membaca sinopsis di sampul belakang, memilah beberapa yang sekiranya menarik, dan langsung membayarnya. Kini kenikmatan itu kurang bisa kamu nikmati lagi. Selain berisiko jika mengunjungi keramaian, toko buku juga masih banyak yang tutup. Kalaupun ada yang buka, toko buku akan menerapkan aturan pengunjung sesuai protokol kesehatan.

Berbicara soal toko buku, kita tidak bisa lepas pengunjung toko. Ada beberapa tipikal pengunjung toko buku. Mungkin kamu termasuk ke dalamnya?

  1. Si Impulsif

Ini adalah tipikal pengunjung yang datang ke toko buku dengan clueless. Dia gak tahu mau beli buku apa, penulisnya siapa, ceritanya apa. Pokoknya dia hanya datang aja ke toko buku. Melihat dan memilah tanpa tujuan.

Ada juga yang datang hanya karena iseng awalnya, lalu tertarik dengan salah satu buku yang sampulnya menarik, membaca sinopsisnya kemudian merasa penasaran lalu membawanya ke meja kasir.

  1. Si Tertata

Nah kalau ini adalah kebalikannya dari tipe pertama yang tadi. dia adalah tipikal pengunjung toko buku yang sudah punya rencana dari rumah. Dia sudah punya daftar akan membeli buku dari penulis tertentu atau dengan judul tertentu.

Biasanya juga pengunjung dengan tipe seperti ini juga gak akan menghabiskan waktu lama di dalam toko karena setelah dia menemukan buku yang dia maksud dia akan segera membelinya.

  1. Penikmat Musik

Selanjutnya, ini adalah tipikal pengunjung toko buku yang juga penikmat musik,. Beberapa toko buku sering memainkan musik jazz atau Kenny G. Pengunjung ini salah satu penikmat dari genre musik seperti ini.

Namun, konser musik dengan genre sejenis ini kan harga tiketnya lebih mahal. Ini bisa jadi alternatif kalau mau mendengarkan musik sejenis ini dengan budget yang lebih rendah. Jadi selain lihat-lihat buku, dia juga menikmati musik yang diputar di toko buku.

  1. The Rebel

Ini nih, tipikal pengunjung toko buku yang sering membuat kesal para pegawai toko buku. Bagaimana gak bisa membuat kesal, dia nih pengunjung nakal yang diam-diam tingkahnya bisa membuat job desk tambahan para pegawai toko buku.

Kelakuannya ada aja deh. Mulai dari menaruh buku asal. Contohnya, dia awalnya mengambil buku dari rak fiksi, setelah dia baca sinopsisnya menarik lalu dijinjing terus tapi kemudian tertarik di buku di rak politik dan beralih untuk membeli itu.

Namun karena memang gak dibeli, ditaruh lagi. Cuma, ditaruhnya bukan di rak awal. Ditaruhnya bisa aja di rak buku peternakan. Belum lagi ada aja pengunjung kurang ajar yang membuka plastik segel buku diam-diam.

Jadi itu dia beberapa tipikal dari pengunjung toko buku yang kerap kali saya temukan di toko buku. Nah, kamu yang mana?

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *