5 Tipe Pembaca Buku Fiksi Dengan Tren Kekinian

Berbicara tentang palsu, fiktif atau hal yang dibuat-buat kadang memang menjengkelkan, setelah pada akhirnya tau itu tidak asli. Tetapi dari semacam itu ternyata ada yang dibuat secara sengaja, resmi, karena memang hal itu bersifat positif, memberi manfaat besar kepada semua orang, seperti buku fiksi.

Buku fiksi merupakan suatu pembawaaan cerita yang mengutamakan imajinasi penulis dan pembaca. Mengajak pembaca untuk mengeksplorasi sejauh mungkin daya khayal serta kemampuan untuk mendeskripsikan suatu hal, hingga akhirnya maksud dan tujuan si penulis tersebut berhasil tertuang kepada imajinasi pembaca.

Genre buku ini terbilang menarik, sebab dari hal-hal yang tidak pernah diduga sampai kepada hal yang tidak bisa di nalar disajikan dalam satu paket spesial untuk pembaca, lengkap dengan beragam sisi emosionalnya.

Dari waktu ke waktu buku fiksi sangatlah menjadi buronan dan borongan laris pecinta buku. Bahkan saking gilanya, ada beberapa buku yang sampai-sampai diangkat ke layar lebar, secara tidak langsung membuat buku maupun penulisnya bisa naik daun.

Baca Juga: Budi Sabarudin: Dongeng Sebagai Gerakan Literasi

Efek dari banyak orang yang menggemari baca buku fiksi, kini jadi sebuah trend tersendiri baik di usia kalangan remaja hingga dewasa. Kalau kamu adalah pembaca buku fiksi, tak lengkap rasanya jika belum tau tipe apakah sebetulnya dirimu? Untuk mengetahuinya disimak ulasan dibawah ini ya my love~

Pengumpul Cerita Berseri

Setiap cerita-cerita fiksi besar pasti akan memiliki seri nya masing-masing. Contohnya saja cerita dari Harry Potter, Lord Of The Rings, The Hunger Games ataupun bagi yang setahun kemarin menamatkan di serial filmnya, ada Game Of Thrones, dengan membangun dunia fantasinya yang luar biasa menakjubkan.

Namun dari setiap seri tentu punya cerita serta makna yang berbeda-beda, artinya kemungkinan tidak akan sama setiap satu seri dengan seri lainnya. Hanya saja, kalau buku fiksi yang berseri punya ciri benang merah yang berkaitan dari seri satu ke seri selanjutnya.

Nah, apakah kalian tipe pembaca yang mengumpulkan cerita fiksi tiap serinya? Jika memang iya, nampaknya kalian adalah tipe pembaca setia, rela menghabiskan banyak hal demi si buku fiksi berseri tersebut. Ya, kalau diklibaratkan seperti kamu ngedate sama doi terus menerus setiap hari, seakan merasa tidak ingin ditinggalkan.

Mudah Baper

Ada juga tipe pembaca yang mudah baper akan cerita yang sedang dibaca. Tipe pembaca yang satu ini mampu menyelami cerita yang ditawarkan oleh si penulis hingga timbulnya berbagai perasaan. Romantisme ataupun yang berbau tentang konflik jadi santapan tipe pembaca fiksi yang mudah baper ini.

Perasaan mudah baper memang wajar saja, mengingat cerita-cerita fiksi yang kebanyakan diangkat merupakan cerita yang sangat menyentuh hati. Sehingga kebanyakan pembaca akan dengan mudah baper dan mengikuti suasana hati karakter yang mereka sukai di dalam cerita tersebut.

Membaca Demi Sebuah Quote

Ada pula tipe pembaca yang hanya membaca demi sebuah quote saja. Mereka hanya mencari-cari quote yang menarik, untuk mereka unggah kedalam platform media sosial masing-masing. Memang banyak quote-quote menarik yang ada. Seperti saya juga yang mempunyai quote terbaik seperti ini.

“Sesuatu yang hilang punya cara sendiri untuk kembali pada kita akhirnya, walaupun dengan cara yang tidak kita duga.” – Luna Lovegood dalam serial Harry Potter.

Nah, pasti kalian punya quote andalan  terbaik juga kan? Jadi, tidak ada salahnya juga untuk membaca demi mencari sebuah quote terbaik dengan apa yang sedang kalian alami.

Menikmati cerita sambil Ngopi dan juga sebat

Kemudian ada pula tipe pembaca cerita yang menyelami cerita dengan menikmati secangkir kopi dan juga sebatang rokok. Saya rasa memang aktifitas membaca sendiri membutuhkan konsentrasi agar mampu menangkap maksud dari apa yang ingin disampaikan si penulis. Maka dari itu, sebagian pembaca memilih untuk menikmati cerita sembari menyeruput secangkir kopi dan juga menghisap sebatang rokok. Untuk tipe pembaca seperti ini, mereka kemungkinan berada di kedai kopi yang memiliki suasana tenang. Sehingga konsentrasi membaca cerita akan jauh lebih baik.

Nonton film-nya dahulu baru membaca cerita-nya

Adapula tipe pembaca yang akan membaca cerita apabila sudah menonton film-nya terlebih dahulu. Hal ini memang menjadi tren saat ini. Sebut saja Dilan, Bumi Manusia dan masih banyak lainnya. Mungkin sebelum mengenal cerita tersebut melalui bacaan, kebanyakan orang sudah terlebih dahulu menonton film-nya kemudian membaca buku-nya.

Nah, dari beberapa tipe pembaca kekinian tadi, tipe pembaca seperti apakah kalian? atau memang ada tipe lain yang belum ada disini boleh untuk tambahkan di kolom komentar. Sembari sharing siapa tau bisa diikuti oleh pembaca fiksi lain.

Baca Juga: GELIAT LITERASI KITA

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *