https://booksummaryclub.com/genres-of-books/

4 Tipe Pembaca Buku Yang Sering Dijumpai

Membaca adalah salah satu dari sekian hobi yang digemari oleh banyak orang, karena dengan membaca kamu bisa merasakan petualangan tanpa mesti bepergian ke mana-mana, menjadi tokoh dalam suatu cerita yang tidak pernah kamu sangka, atau menyaksikan peristiwa yang belum pernah kamu ketahui tanpa harus menunggu mesin waktu. Keren, bukan?

Banyaknya jenis buku dan ragam bacaan dengan media yang bervariasi pula, menyebabkan terbentuknya banyak jenis pembaca yang berbeda. Bisa juga lahir dari berbagai jenis kebiasaan membaca.

Maka dari itu, saya tertarik untuk mengumpulkan beberapa tipe pembaca yang sekiranya sering ditemui. Yang bisa jadi bisa jadi barangkali kamu adalah salah satu yang termasuk di dalamnya nih.

  1. Si Sungai Alias Mudah Terhanyut

Ini adalah salah satu jenis pembaca yang terikat secara emosional. Kenapa kok emosional? Soalnya gampang banget terpancing perasaan. Tipe pembaca yang seperti ini mudah sekali untuk terhanyut pada suasana yang ada dalam cerita buku.

Kalo ceritanya sedih, mudah nangis. Kalo ceritanya memantik amarah jadi gampang kesal. Kalo ceritanya soal kisah cinta jadi langsung install tinder. Intinya, tipe pembaca ini gampang banget baper. Duuhh baperann

  1. Si Ngikutin Pasar

Nah kalo yang satu ini adalah tipikal pembaca yang suka mengikuti pasar perbukuan atau yang sedang marak digandrungi para bookhunter. Gak mau ketinggalan zaman banget deh. Selalu mengikuti mode agar selalu funky, trendy, tapi tetap masih di jalan literasi.

Biasanya juga mereka gak ketinggalan upload konten bersama buku populernya di media sosial. Tujuannya sudah pasti, agar semua orang tau rutinitas yang sedang mereka lakukan bersama buku. Lalu ber-caption yang kira-kira seperti ini “Aku suka membaca buku. Karena mampu menelanjangi semuanya hanya dengan kata-kata.” Pokonya semacam itu deh.

Sebenernya sih, gak jadi soal.  Mau buku itu diabadikan dalam bentuk foto atau didapatkan langsung pada saat launching perdana bersama sang penulis. Yang terpenting asalkan bukunya beneran dibaca ya!

  1. Si Pembaca Buku Seram

Giliran ini nih, pembaca buku seram. Tipikal ini adalah pembaca yang suka membaca buku dengan tema yang seram-seram, kayak politik, filsafat, ekonomi, dan beberapa topik seram nan berat lainnya.

Biasanya mudah sering kita jumpai di sebuah kedai kopi yang tentram dan minim hiruk-pikuk. Sedang menyendiri sambil sesekali menyeruput kopi gaulnya dan sesekali asyik membolak-balikan halaman buku yang dibaca.

  1. Si Pengingat Yang Baik

Kalo tipikal pembaca yang ini adalah tipikal dengan kekuatan memori ingatan yang sangat baik, saking ingatnya mereka sampai tau punya buku apa saja dan banyaknya jumlah buku yang ada. Biasanya juga mereka memiliki koleksi buku yang lumayan banyak nih. Namun ingatan yang cukup baik itu tidak digunakan untuk mengingat asal usul buku itu berasal, yang bisa jadi ada buku yang bukan miliknya alias pinjam dari beberapa teman tapi lupa dibalikin.

Baca Juga : Komunitas Sayap Kata: Wadah Kreatifitas Dan Belajar Bersama

Lupa buku novel ini dipinjam dari yang mana, komik ini dipinjam dari siapa. Ya, mau disengaja atau tidak, tetap dalihnya lupa. Memang bagus sih, punya banyak koleksi buku, tapi caranya itu lho yang salah dan bisa-bisa dianggap kurang ajar oleh si peminjam. Jangan ditiru!

Itu dia beberapa jenis pembaca yang menurut saya paling banyak kelompoknya. Ada di mana-mana, di belahan dunia manapun pasti ada yang seperti itu, juga selalu muncul di setiap generasi. Sangat umum dan mainstream.

kalau kamu salah satu yang merasa masuk ke dalam jenis kelompok yang saya sebutkan, jangan marah. Becanda sayang.

Jadi, kamu termasuk ke dalam kelompok tipikal pembaca yang mna nih kalau boleh tau?

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *