4 Hal yang Harus Ada Ketika Membaca Buku

Sebagian orang biasanya mengisi waktu luangnya dengan bersantai-santai sambil membaca buku, dengan membaca kita dapat menemukan hal-hal baru. Seperti dapat menemukan sudut pandang baru, pengetahuan baru, dan bahkan sampai hal-hal baru yang belum kita ketahui. Membaca buku juga dapat menambah kosakata kita dalam berbahasa. Setiap orang juga mempunyai ritualnya masing-masing saat membaca buku, ada yang sambil duduk manis ditemani secangkir teh, ditemani makanan-makanan ringan, tambah seru lagi kalo ditemani pacar. Yahahaha

Ibarat sebuah ritual penting, membaca juga butuh persiapan dan hal-hal esensial lain untuk menunjang ritual tadi. Di sini saya mencoba memberikan beberapa tips penunjan yang dapat membantu ritual membaca kalian menjadi semakin syahdu, aduhai, nikmat dan asoy. Apa saja sih? Silakan dicek di bawah ini, mylov~

  1. Musik

Membaca buku sambil mendengarkan musik bisa membuat pikiran kita menjadi lebih rileks dan tenang. Suasana dalam membacanya pun menjadi lebih terbangun. Musik yang dapat kalian dengarkan saat membaca buku ialah musik klasik atau musik yang bernada melow. Kalau membaca buku sambil mendengarkan musik yang berirama cepat atau seperti musik rock, itu dapat menghilangkan konsentrasi kita saat sedang membaca. Tapi tergantung selera masing-masing aja, mylov.

  1. Minuman

Nah, yang ini juga nggak kalah penting. Bayangkan kalau kalian membaca buku tanpa ditemani secangkir minuman apapun, rasanya hampa dan pastinya kalian akan merasa haus. Kalau kalian senang membaca buku sambil duduk-duduk di café atau kedai kopi, pesanlah minuman yang kalian sukai mulai dari yang dingin sampai yang hangat. Selain menghilangkan rasa haus, suasana membaca bukunya juga semakin syahdu. Siapa tau juga kan ketemu gebetan baru. Udah kayak lagunya Landon Pigg yang judulnya Fallin in Love at The Coffee Shop. Anjae~

  1. Sambil Memakan Makanan Ringan

Ini sebenarnya cuma optional aja sih, karena ada beberapa orang yang suka ada juga yang nggak suka. Tapi menurut saya membaca buku sambil melahap beberapa cemilan tuh asoy. Nggak cuma kata yang dilahap, tapi kudapan juga. Sambil menyelam minum Thai Tea istilahnya. Makanan yang saya sarankan di sini ya makanan ringan aja, seperti keripik atau biskuit. Saya nggak menyarankan makan ayam geprek atau bakso malang sambil membaca. Karena apa? Repot bangetlah. Nanti ada halaman yang bisa kena sambal atau mungkin lebih parah: kecelup di kuah. Walaupun ditemani dengan makan-makanan ringan, bukunya juga jangan sampai kotor ya mylov, karena akan mengurangi daya membaca kita. Ingatlah selalu menjaga kebersihan.

  1. Membawa buku lain

Membawa buku bacaan lebih dari satu berguna untuk melatih ketergantungan kita memakai gawai. Jadikanlah buku sebagai temanmu dimanapun dan sampai kapanpun. Sambil menunggu seseorang atau menunggu angkutan umum kalian dapat menyiasatinya dengan membaca buku-buku yang kalian gemari. Misalkan saat kalian sedang menunggu doi menjemput, kalian bias sambil membaca buku-buku novel yang bertema percintaan, atau yang memiliki alur cerita menantang dari yang fiksi maupun yang non-fiksi. Siapa tahu juga, saat kalian sedang membaca buku lalu bertemu dengan orang yang memiliki hobi yang sama, kalian dapat meminjamkan buku tersebut. Selain itu, kalian juga bisa saling berdikusi atau menceritakan kembali isi bacaannya.

Itu dia beberapa tips dari saya untuk membantu ritual membaca kalian menjadi semakin syahdu. Dari keempat hal di atas, yang wajib ada saat kalian membaca buku yang mana nih BTLovers ?

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *