4 Hal Yang Bisa Dilakukan Warga Indonesia Ketika Terjadi “Lockdown”

Belakangan masyarakat dunia terus diresahkan oleh sebuah pandemik virus yang bernama COVID-19 atau yang lebih dikenal sebagai virus Corona. Virus ini sendiri sudah hampir memakan korban ratusan ribu jiwa. Menurut data WHO (World Health Organization) persebaran virus corona tersebar ke hampir 152 negara di dunia dan sudah menjangkit 181.562 jiwa dengan data korban meninggal sebesar 7.138 orang.

Tentunya angka kematian yang sangat besar sama hal nya seperti wabah penyakit pandemik yang ada sebelumnya, Sars dan Mers yang menyentuh angka kematian begitu banyak dan membuat kepanikan global dari seluruh masyarakat dunia. Sehingga sangat penting sekali bagi kalian yang sedang membaca artikel ini untuk melakukan sebuah tindakan pencegahan yaitu dengan cara “Mengisolasi” diri selama kurang lebih 14 hari. Hal ini dimaksudkan agar persebaran virus tidak terjadi secara masif.

Sudah banyak negara-negara di dunia yang menyatakan bahwa negara-Nya berstatus Lockdown. Ini adalah sebuah bentuk upaya meminimalisir persebaran virus yang terjadi. Negara-negara macam Tiongkok dan Italia sudah memberlakukan status darurat ini. Dalam status darurat ini sebuah negara benar-benar menutup portal masuk dari warga negara asing yang datang, yang kemudian juga negara memaksa warganya untuk mengisolasi diri di rumah masing-masing.

Bagi warga yang keluar rumah, mereka hanya sebatas membeli bahan pangan atau obat-obatan saja, tidak lebih. Itu pun berbekal harus punya surat keterangan resmi yang barulah diperbolehkan. Jika didapati ada warga yang nekat, mau tidak mau siap tidak siap harus menerima resiko yang diambil dan sudah diputuskan, berhadapan dengan hukum dan aparat.

Baca Juga : Sepenggal Kisah Dari Toko Buku Bekas Milik Fajarudin Hutagalung

Dan apa yang terjadi di Indonesia? Pemerintah pusat sama sekali belum melakukan tindak pencegahan untuk memberlakukan status Lockdown. Hanya sebatas menetapkan bahwa wabah ini masuk dalam kategori KLB (Kejadian Luar Biasa). Hal ini tentunya sangat memprihatinkan sekali mengingat persebaran virus corona terjadi begitu gampang dan masif. Sehingga kemungkinan warga terjangkit virus akan sangat besar sekali.

Apabila status darurat ini andainya diberlakukan, kalian tidak perlu ambil pusing. Sebab kalian dapat melakukan beragam kegiatan yang bisa menjadi pelipur lara di saat menjalani hari-hari pengisolasian diri. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa kalian lakukan saat diberlakukannya status Lockdown di Indonesia.

  1. Membaca buku

Membaca sebuah buku nampaknya akan menjadi sebuah pilihan yang bijak bagi kalian yang ingin mendapatkan sesuatu yang bermanfaat di saat status darurat ini andai kata diberlakukan. Karena dengan membaca, kalian akan mampu mendapatkan informasi-informasi yang bermanfaat yang tidak kalian ketahui sama sekali sebelumnya. Atau bisa juga kalian mendapatkan perbendaharaan kosakata baru di kala membaca sebuah buku. Dengan membaca juga kalian bisa meningkatkan literasi yang kalian miliki.

  1. Bermain Game

Siapa sih yang hari ini tidak keranjingan bermain sebuah Game? Tentunya dengan bermain game kalian bisa mengusir rasa bosan yang melanda. Sebuah game juga memiliki beragam cara untuk memainkannya, mulai dari bermain di konsol, PC, Smartphone dan masih banyak lainnya. Kalian tinggal pilih aja deh mau bermain di perangkat mana.

  1. Belajar

Sudah banyak sekali daerah-daerah di Indonesia yang menerapkan sistem Belajar di Rumah kepada para pelajar lantaran corona sudah masuk ke Indonesia. Hal ini dimaksudkan agar persebaran virus yang terjadi di institusi Pendidikan mampu diminimalisir.  Artinya, meski sekolah meliburkan, kegiatan belajar mengajar tetap dilaksanakan di rumah masing-masing.

Baca Juga : Tempat Terbaik Di Dunia: Melihat Dari Sudut Pandang Berbeda

Penerapan metode belajar juga mungkin masih disesuaikan oleh guru atau tenaga pendidik, karena sejauh ini Kemendikbud pun masih belum melihat lebih jauh ke arah sana, memberlakukan pembelajaran via online.

Ya, berharap saja di satuan pendidikan masing-masing sudah siap sedia lebih dulu. Sebab, dengan terus belajar adalah cara efektif untuk mengembangkan pengetahuan bagi para calon penerus bangsa. Tidak usah sebegitu memikirkannya berharap uluran tangan pemerintah atau mendapat regulasi yang tekesan memaksa. Mulai dari tiap pendidikannya masing-masing saja, dari guru sebagai gerbang terdekat untuk siswa.

  1. Olahraga

Salah satu hal yang bisa dilakukan lainnya ialah dengan berolahraga. Olahraga adalah kegiatan yang bisa kalian pilih untuk meningkatkan stamina serta imunitas tubuh untuk mencegah masuknya virus atau berbagai penyakit lain. Olahraga yang simpel dan murah macam Push Up, Sit Up, Squat Jump dan lain sebagainya bisa banget kalian lakukan di rumah. Ditambah lagi sekarang ini olahraga semakin asyik karena bisa dipandu oleh instruktur yang bisa di akses di ponsel kalian.

Semoga virus corona ini cepat mereda dan kehidupan berjalan kmbali normal seperti hari-hari sebelumnya. Walau begitu, jangan sampai kalian menganggap remeh virus ini ya BT Lovers. Karena memang saat ini keadaan di Indonesia sedang sangat genting ‘darurat virus’.

Lalu apakah Indonesia perlu memberlakukan status Lockdown untuk melakukan pencegahan virus corona? Kita tunggu saja keputusan Pak Presiden Jokowi. Kalau bisa secepatnya buat keputusan, akan bingung juga kalau daerah tidak boleh punya regulasi sendiri dalam menentukan nasib warga nya. Karena begini lho Pak, negara ini perlu cepat eksekusi jangan kebanyakan dipolitisasi.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *