Menghadirkan Buah Pelayanan Yang Baik Dari Kantor Imigrasi Tangerang

Sejauh pengalaman dan obrolan dari teman-teman, mengurus segala sesuatu yang bersifat administratif di kantor-kantor pemerintahan itu merepotkan. Bukan cuma sistem yang bermasalah, tapi kinerja perangkat kerja pemerintahan juga tak baik. Harusnya buka jam 8 pagi, eh jam 10 baru siap. Harusnya tutup jam 4 sore, eh ini jam 2 sudah tidak ada petugas. Pokoknya semua anggapan yang buruk selalu ada di kantor pemerintahan.

Mungkin karena hal itulah calo-calo administrasi hadir menjadi solusi masyarakat. Bikin sim repot, ada calonya. Mau urus sidang tilang repot, ada calonya. Mau urus paspor repot, juga ada calonya. Sebenarnya urus KTP juga gitu sih, calonya ya petugas pemerintahan yang minta uang pelicin.

Tapi kini, anggapan buruk seperti itu mulai diminimalisir oleh pemerintah. Termasuk Pemerintah Kota Tangerang. Kantor-kantor pemerintahan mulai berbenah. Bikin KTP, walau masih lama, mulai lebih rapi secara sistem. Mau bikin SIM, walau masih ada calo, mulai lebih terbuka dan memungkinkan kita mendapatkannya tanpa menyogok. Dan yang terakhir saya rasakan, membuat paspor ternyata tidak serepot yang saya kira.

Dari pengalaman mengurus paspor inilah saya berani menyatakan: Kantor Imigrasi Kelas 1 Kota Tangerang adalah kantor pemerintahan dengan pelayanan terbaik yang pernah ada. Kalaupun tidak, tetap saja ini adalah kantor pemerintahan terbaik yang pernah saya datangi. Pelayanan dan fasilitasnya memuaskan, saya kira ini adalah kantor pemerintahan terbaik selain Kantor Pajak Pratama Pondok Aren yang memang menjadi Kantor Pajak terbaik se-Banten.

Ketika baru masuk, kita segera disambut oleh petugas untuk menanyakan kepentingan. Jika mau buat paspor baru, memperpanjang paspor, atau mengambil paspor, akan diarahkan ke tempat yang sesuai. Selain itu, kita juga akan ditanyakan data administratif yang bakal menjadi syarat kepentingan kita. Kalau sudah lengkap, kita segera diarahkan untuk mengambil nomor antrean kembali.

Ketika mengambil nomor antrean, saya berpikir semua proses ini akan berangsur panjang dan lama. Nyatanya, baru 2 menit saya duduk di ruang tunggu, saya sudah dipanggil untuk verifikasi data administratif. Sembari memverifikasi, saya diwawancarai oleh pihak berwenang.

Begitu selesai, kita mendapatkan lagi nomor antrean untuk foto paspor. Baru menunggu 4 menit, saya sudah dipanggil lagi untuk menyelesaikan urusan. Selepas itu, diberikan tagihan untuk dibayarkan ke bank, lalu pulang. Ya, sudah selesai semua urusannya.

Semua anggapan buruk saya tentang kantor pemerintahan langsung musnah atas pelayanan yang diberikan tadi. Simpel, mudah, dan tidak bertele-tele. Semua berjalan sesuai aturan, buka jam 08.00 pagi dan tutup jam 04.30 sore. Tidak ada pungutan liar, dan pelayanannya sungguh memuaskan.

Memang sih masih ada hal berkaitan tentang sistem pendaftaran online yang perlu dibenahi. Tapi ini kan sistem dari pusat, jadi ya harus dibenahi pusat. Toh, media sosial Kantor Imigrasi Tangerang terbilang cukup informatif dan interaktif dalam mengabarkan hal-hal berkaitan dengan pendaftaran. Dan hal ini amat membantu saya yang menunggu kapan antrean untuk wilayah Tangerang telah dibuka.

Di luar pelayanannya yang memuaskan, ruang tunggu serta fasilitas yang ada di dalamnya juga memuaskan masyarakat yang berurusan di sana. Ada tempat bermain anak, kantin yang dekat, dan area merokok yang teduh. Saya kira, ketiga fasilitas tadi menjadi amat penting apabila antrean pelayanan sedang membludak dan masyarakat perlu menunggu cukup lama. Hal-hal kecil seperti inilah yang membuat saya berani menyatakan kalau memang Kantor Imigrasi Tangerang adalah kantor pemerintahan dengan fasilitas dan pelayanan terbaik yang pernah ada.

Komentar

Bukan siapa-siapa, bukan apa-apa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *