3 HAL YANG MENGUNTUNGKAN OTAK SAAT MEMBACA BUKU

Sebagian besar hidup manusia tidak lepas dengan kegiatan membaca. Seolah bahwa aktifitas membaca bertalian erat dari waktu ke waktu, dari fase usia kanak-kanak, remaja, dewasa bahkan hingga ke lansia. Dari semua rentang waktu, tentu dong kita pernah membaca buku. Karena memang membaca buku bisa dibilang kegiatan yang sangat simpel dan sederhana.

Julukan mengenai seseorang yang suka membaca juga ternyata bermacam-macam. ‘anak rajin, kutu buku, book sniffer dan sejenisnya yang banyak lagi, pokonya serba biblio deh.

Lambat laun ada isu yang diperdengungkan tentang manfaat membaca buku, selain daripada dapat menemukan hal-hal baru juga ternyata bisa menangkal berita-berita hoax yang kadang bersliweran di jagat media, tak cukup sampai dengan membaca buku saja tetapi juga perlu disertai dengan kemampuan berliterasi.

Dahulu, bagi saya membaca merupakan kegiatan yang tidak terlalu mengasyikkan. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, semenjak banyaknya berita-berita hoax yang beredar, saya coba untuk membaca beberapa buku, agar terhindar dari perangkap berita-berita hoax. Menurut versi saya, yang telah membiasakan diri untuk sering melakukan kegiatan membaca buku, ternyata kita dapat menemukan hal-hal baru. Misal, seperti menemukan sebuah sudut pandang baru, sebuah pengetahuan baru dan bahkan bisa menangkal berita-berita hoax dengan literasi yang dimiliki, jadi tidak semata-mata gampang percaya begitu saja.

Baca Juga: Predator Seksual Di Tangerang Dan Pentingnya RUU Penghapusan Kekerasan Seksual Segera

Terkait dua manfaat tadi, juga terdapat manfaat dari membaca buku yang sangat luar biasa untuk kesehatan, terutama kesehatan otak.

Disaat membaca buku, otak akan bekerja untuk mencerna kata demi kata yang tertulis. Nah, otak memang memegang peranan yang sangat penting disaat membaca. Dan apa jadinya bila otak yang kalian miliki tidak kalian manfaatkan dengan baik, bisa jadi kalian akan mengalami berbagai gangguan kesehatan, terutama kesehatan otak. Nah, untuk itu membacalah. Sebab membaca buku sangatlah menguntungkan bagi otak kita, mau tahu apa saja keuntungannya? Disimak ya My love ~

  1. Meningkatkan Kecerdasan

Dengan membaca dapat meningkatkan kecerdasan seseorang, apakah bisa? Tentu sangat-sangat bisa, pasalnya dari beragam penelitian yang sudah dilakukan, aktifitas membaca buku mampu membuat seseorang memahami atau bahkan memperkaya kosakata.

Dan apabila membaca sudah ditanamkan sejak dini, bukan tidak mungkin kecerdasan yang dimiliki akan sangat luar biasa untuk kedepannya. Karena sudah memiliki jam terbang yang tinggi. Jadi, tidaklah salah bahwa para cendekiawan hebat diluaran sana mempunyai hobi membaca sedari kecil. Maka, mulai hari ini kalian harus rajin-rajin membaca ya!

  1. Mencegah Resiko Terkena Penyakit Alzheimer

Alzheimer atau yang lebih kita kenal dengan istilah pikun merupakan suatu penyakit yang memang tidak terlalu berbahaya, namun sangat menggangu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Misal saat berbicara panjang lebar di depan orang banyak dan seketika lupa atas apa yang sudah dibicarakan atau ketika kita sedang bekerja dan sulit mengingat beberapa pekerjaan yang sudah dilalui. Kalau sudah jelas begitu, pasti setiap orang tidak ada yang mau memiliki penyakit semacam ini. Untuk itu kalian perlu rajin-rajin membaca. Karena dengan membaca, kalian akan mampu mencegah resiko terkena penyakit Alzheimer. Dengan membaca buku, otak kita akan bekerja secara terus-menerus. Sehingga resiko terkena penyakit Alzheimer akan berkurang, karena otak akan diajak untuk mampu mengingat hal-hal yang telah terjadi.

  1. Mengurangi Stres

Stres dapat menghampiri kalian kapan saja. Hal itu bisa disebabkan karena berbagai masalah yang terjadi, misalnya saja tekanan dalam dunia kerja ataupun masalah yang sepele sekalipun. Nah, untuk mengurangi tingkat stress yang kalian hadapi. Kalian bisa membaca buku, karena dengan membaca buku dapat memunculkan sebuah imajinasi yang mampu mengajak para pembacanya untuk melupakan sejenak stres yang sedang dialami. Nah, dengan membaca otak kalian dalam menghadapi stres akan terbantu.

Itulah beberapa hal yang menguntungkan otak disaat membaca. Semoga dengan ulasan kali ini, dapat merawat dan menyayangi otak kalian, yang pasti dengan aktivitas membaca. Pesan saya, jadilah pembaca yang baik dan rutin membaca buku. Jangan hanya jika ingin atau sewaktu-waktu saja, tapi luangkanlah barang 1 hingga 3 jam sehari untuk sekedar membaca sehingga otak kalian akan benar-benar terawat dengan baik.

Kita sebagai pembaca sudah sepatutnya mengetahui hal semacam ini. Karena jika kelak kita sudah mengetahuinya, kita akan menjadi pembaca yang benar-benar konsisten dan semoga kedepan upaya semangat dan kemahiran membaca kita meningkat.

Baca Juga: Membangun Barisan Pertahanan Melalui Akademi Militer Pertama Indonesia Di Tangerang

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *