Pameran Koperasi dan UMKM Sebagai Solusi Perekonomian Masyarakat Tangerang.

Di tengah kondisi perekonomian dunia yang tidak stabil. Bukan berarti keadaan Indonesia malah makin terpuruk, bukan juga tidak dalam keadaan yang enggan ikut campur kedalam perekonomian dunia. Namun, sejauh ini Indonesia tetap membuka jalur diplomasi yang baik, membahas perekonomian dan mengatasinya dalam bermitra.

Kebijakan pemerintah sendiri sekarang tidak terlalu terpaku akan satu intruksi yang dimandatkan oleh badan tertinggi di negara, melainkan ada sebuah hak otonomi di setiap daerah masing-masing. Hal ini didasari guna pemerintah daerah lebih masif untuk memegang kendali juga terlebih tau tentang daerahnya sendiri.

Menyikapi akan hal tersebut. Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menggelar pameran yang ditujukkan langsung kepada pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di daerah Kota Tangerang. Fungsinya, agar bisa mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Pameran ini berlangsung dari tanggal 18 hingga 22 Oktober. Bertempat di area terbuka, lapangan Green Lake City, Kota Tangerang. Mengingat di tanggal sekitaran itu sesuai sekali dengan momentum yang bertepatan pada Hari Koperasi Nasional yang ke 71.

Tema pameran UMKM yang digelar kali ini adalah digital marketing. Pasalnya, di era teknologi infomasi dan komunikasi saat ini, digital marketing adalah salah satu perkembangan teknologi yang tidak bisa dilewatkan oleh para pelaku UMKM.

Sebanyak 130 stand sudah siap menyambut kedatangan Anda dan tentunya dengan harga-harga diskonan yang cukup miring akan barang yang dijajakan. Pengunjung bisa mendapatkan super diskon untuk semua produk koperasi dan UMKM.  Dan yang membanggakannya lagi,  berbagai produk yang dijajakan merupakan hasil daya kreatifitas warga Kota Tangerang.

Beberapa strategi jitu untuk menarik pengunjung juga sudah disiapkan. Diantaranya yaitu, bekerjasama dan melibatkan sejumlah komunitas di Kota Tangerang. Menggelar acara pentas seni pelajar dan seni Islami, sehingga menarik kaum millenial untuk berpartisipasi.

Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah yang datang kala itu yang didampingi wakilnya, Sachrudin dan beberapa kepala organisasi perangkat daerah serta yang lainnya turut hadir dalam pembukaan pameran.

Tak sembarang meresmikan pembukaan pameran pada umumnya. Dalam acara pembukaan itu, pemerintah kota begitu serius untuk menggerakkan dalam bidang sektor perekonomian. Meluncurkan satu aplikasi yang bernama Koperasi dan UMKM yang terintegrasi dalam aplikasi Tangerang LIVE. Guna mempermudah masyarakat untuk mengakses kebutuhan perekonomiannya.

Selain itu juga terjalin kerjasama atau penandatangan MoU antara Walikota Tangerang dengan Rektor Swiss German University (SGU) dan MoU antara Kepala Dinas Koperasi & UMKM dengan Dekan Swiss German University (SGU). Kerjasama dengan UMKM ditujukan untuk melakukan focus group discussion serta pendampingan dengan para koperasi dan masyarakat sehingga bisa membantu menyelesaikan masalah-masalah di masyarakat.

Koperasi dan UMKM memang menjadi salah satu roda penggerak yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Mudah-mudahan acara ini menjadi wadah untuk UMKM dan koperasi untuk mengembangkan produk-produk yang bisa dibanggakan bagi Kota Tangerang, terlebih untuk Indonesia. Hasil dari produk ini juga bisa menjadi buah tangan yang bagus.

Saat ini, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangerang terus melakukan pengawasan dan pembinaan kepada seluruh koperasi yang ada di Kota Tangerang. Tercatat, ada 710 koperasi. Dari angka tersebut yang aktif dan sehat ada sekitar kurang lebih 500 koperasi.

Dari jumlah tersebut, kecamatan yang memiliki koperasi terbanyak berada di wilayah Jatiuwung, Karawaci dan Neglasari dan Batu Ceper. Hal ini di dominasi oleh banyaknya perusahaan yang mendirikan koperasi karyawan. Selain melakukan pembinaan, pemerintah juga rutin mengawasi dan menilai koperasi yang memang bagus dan berprestasi.

Saya harap berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah ini, mampu menumbuhkan minat kaum muda untuk tergerak menjadi pengusaha ekonomi kreatif dan menciptakan produk-produk yang berkualitas. Agar mampu bersaing di pasar perdagangan nasional maupun internasional.

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *