3 Alasan Harus Baca Buku Self Improvement

Dikutip dari CNN Indonesia, minat membaca masyarakat Indonesia masih rendah. Di laman tersebut dijelaskan bahwa rata-rata orang Indonesia hanya membaca tiga sampai empat kali dalam seminggu. Sementara per tahunnya, jumlah buku yang dibaca hanya lima hingga sembilan buku saja. Hal ini mungkin saja dikarenakan masyarakat Indonesia khususnya di daerah perkotaan lebih memilih asyik berselancar di internet ketimbang membaca buku. Mungkin juga dikarenakan kurang pekanya masyarakat kita terhadap manfaat dari membaca buku.

Jika ada yang berpendapat bahwa “ilmu kan bisa didapatkan dimana saja, dengan internet pula kita juga bisa mendapatkan informasi yang positif kok”. Saya pun setuju dengan pendapat ini. Akan tetapi seperti kata pepatah, buku adalah jendela dunia. Walaupun saat ini kita sudah memasuki era digital yang serba ada, bagi saya membaca buku tetaplah penting. Hal ini dikerenakan ada beberapa informasi yang tidak ada di internet ataupun media massa, itu terdapat di buku.

Dengan buku, kita juga bisa mendapatkan informasi yang jelas sumbernya dan cukup bisa dipertanggungjawabkan. Karena disetiap buku pasti tertulis penerbit dan penulisnya. Jadi kalau ada penerbit yang menyebarkan hoax melalui buku terbitannya, bisa-bisa dituntut tuh oleh para pembacanya. Berbeda dengan di internet, dengan mudahnya kita menyebarkan hoax disana. Tak jarang pula laman-laman di internet yang menyajikan artikel tanpa referensi yang jelas.

Oke, dengan pendapat saya diatas. Apa kamu mulai berminat untuk membaca buku? Kalau kamu berminat, ada beberapa genre buku yang bisa kamu baca. Di setiap buku pasti memiliki pesan yang berbeda-beda. Untuk kamu yang masih bingung ingin membaca buku apa, kamu bisa nih mencoba membaca buku self-improvement.

Apa itu buku self-improvement? Buku self-improvement itu buku yang bisa membantu kita untuk mengingkatkan kualitas diri kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Ada banyak alasan orang berminat membaca buku dengan genre ini. Berikut saya sajikan tiga alasan dasar kenapa kamu harus membaca buku self-improvement :

1. Intisari berdasarkan pengalaman dan fakta

Kebanyakan buku self-improvement merupakan buku non-fiksi. Karena cerita dan teori yang terdapat pada buku jenis ini memang berdasarkan pengalaman dan fakta para penulisnya. Lalu dijadikan teori baru yang disajikan di dalam buku. Selain itu ada beberapa buku yang menyajikan teorinya berdasarkan dari data dan hasil penelitian. Hal itu membuat buku genre ini terkesan nyata. Tak jarang pula buku jenis ini terselip kata-kata motivasi yang dapat membuat kita lebih bersemangat dalam menjalani hari-hari selanjutnya.

2. Membentuk pola pikir

Apa itu pola pikir? Simplenya,  pola pikir itu cara kita berpikir dalam menanggapi suatu kejadian. Nah pola pikir ini terbentuk berdasarkan dari kejadian-kejadian yang pernah kita alami sebelumnya. Lalu apa hubungannya dengan buku self-improvement? Dengan buku self-improvement, kita bisa mengambil makna dari pengalaman penulis atau para pakar yang diceritakan di dalam buku. Dari situ kita bisa mendapatkan saran berdasarkan sudut pandang penulis dalam mengambil tindakan dari suatu kejadian yang pernah terjadi di dalam hidupnya. Dengan begitu kita bisa menambah sudut pandang baru dalam pikiran kita dan mempertajam daya pikir kita apabila nantinya dihadapkan dengan posisi yang sama dengan kejadian atau teori yang dijabarkan oleh penulis.

3. Dapat memberikan solusi dari permasalahan

Setiap orang pasti memiliki permasalahannya masing-masing, dengan tingkat kesulitan yang juga berbeda-beda. Mungkin juga ada beberapa orang yang enggan untuk menceritakan masalahnya dengan orang lain. Daripada masalahnya kamu diamkan berlarut-larut dan memiliki potensi membuat kamu menjadi stress. Lebih baik kamu baca deh salah satu buku self-improvement yang kamu rasa bisa membantu masalah kamu. Terkadang buku tersebut bisa memberikan saran bahkan jalan keluar yang belum pernah terfikirkan oleh kamu sebelumnya. Dengan ini kan kamu bisa mempraktekkan saran yang ada di dalam buku ke kehidupan kamu. Semoga saja masalah kamu bisa teratasi

Itu adalah tiga alasan kenapa kamu harus membaca buku self-improvement. Sudah punya niatan untuk membaca bukunya atau kamu punya alasan lain yang lebih menarik? Bisa ikutan comment dibawah ini yess. Semoga artikel ini bermanfaat.

Komentar
Arianto Darma Putra

Gua kece dari lahir, ya beginilah sudah takdir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *