3 HAL ASYIK YANG DAPAT DILAKUKAN PELAJAR DARIPADA TAWURAN

Pergaulan semasa sekolah memang sangat menentukan. Sebagai siswa yang terpelajar, khususnya di jenjang menengah keatas, pembentukan jati diri pada fase ini amatlah terlihat. Namun, jika dapat dipahami sebagaimana fungsinya, sekolah adalah fasilitator siswa dalam bidang pendidikan.

Sehubungan dengan hal itu, terdapat satu kejadian yang amat disayangkan, mengenai siswa dan pendidikan. Beberapa hari lalu, dunia pendidikan di Tangerang Selatan dikagetkan oleh aksi tawuran. Pertikaian itu dilakukan oleh SMK Sasmita Pamulang dengan SMK Bhipuri Serpong. Akibatnya, salah satu siswa dari SMK Sasmita Pamulang, Ahmad Fauzan, terluka parah karena terkena sabetan senjata tajam yang menancap tepat di pipi kirinya.

Seperti yang dikutip tribunjakarta.com, kondisi korban kini untungnya mulai membaik, setelah mendapatkan perawatan intensif di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat.

Mendengar hal ini, saya yang dulunya mantan anak nakal turut merasa prihatin, terutama dengan masih maraknya terjadi aksi tawuran. Padahal masih banyak hal lain yang bermanfaat yang kiranya dapat dilakukan pelajar saat ini daripada tawuran. Bahkan dapat menghasilkan uang jajan tambahan, berikut hal-hal asyik yang dapat dilakukan :

  1. MEMBACA

Mungkin beberapa pelajar beranggapan bahwa membaca adalah hal yang membosankan. Setelah disekolah sibuk dengan kegiatan belajar, ditambah selepas itu harus membacanya kembali, terasa jenuh memang. Menurut saya, buat teman-teman yang kerap kesulitan dalam hal membaca, bisa lakukan dengan cara baca sedikit demi sedikit. Mulailah dari jenis bacaan yang ringan dan menarik, sesudah itu berulah kepada hal-hal yang buat kita berpikir. Kalau masih sulit dilakukan, mungkin perlu adanya teman untuk membaca.

Janganlah jadikan membaca sebagai suatu hal yang bias, ditambah jarangnya mengunjungi perpusatakaan atau rumah-rumah baca yang sebenarnya ada dilingkungan teman-teman.

  1. MENDAKI GUNUNG

Mendaki gunung masih menjadi hal yang difavoritkan bagi sebagian pemuda apalagi yang suka dengan keindahan dan tantangan. Indonesia sebagai negara kepulauan yang kebanyakan dikelilingi gunung, tentu menjadi poin tersendiri yang dapat dimanfaatkan oleh teman-teman untuk mencoba mendaki gunung. Apalagi kalau mendakinya bersama-sama kawan seperjuangan, semakin dapat menumbuhkan kebersamaan dan kekompakan dalam berteman. Sungguh mengasyikkan.

  1. BERMAIN SEPAK BOLA

Bermain sepak bola merupakan kegiatan olahraga yang seru, juga tentunya mengasyikkan, apalagi bersama teman-teman. Hal ini lebih bermanfaat, karena selain kita sehat tentu dapat mendatangkan rezeki kalau kita tekun menggelutinya. Seperti yang dilakukan beberapa atlit muda Indonesia yang menorah prestasi gemilang, menjuarai dalam beberapa kompetisi. Sudah muda, berbakat dan banyak uang. Sungguh mengasyikan toh.

Demikian hal-hal asyik yang mungkin dapat dilakukan teman-teman sebagai pelajar, ketimbang tawuran. Lagipula apa pentingnya sih dari tawuran, yang hanya mengedepankan satu kepentingan dan gengsi?

Lebih baik lakukan hal-hal yang arahnya positif, seperti yang tadi saya sebutkan. Selain bermanfaat, tentu kebersamaan dengan teman-teman lebih solid. Berbicara solidaritas bukan dengan cara tawuran juga ya.

Semoga atas kejadian ini menjadi pelajaran yang berarti untuk kita, sebagai generasi muda, jangan sampai terulang kembali. Semoga juga kondisi Ahmad Fauzan semakin membaik dan dapat kembali bersekolah.

 

Komentar
Mochamad Anthony

Bakar Kalori dan Berbahagia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *